Choppiri Toshiue Jilid 5 Prolog

“Hidup adalah serangkaian pilihan.”

Demikian kutipan terkenal dari dramawan terkenal William Shakespeare. Yah, sebenarnya, itu bukan kata-katanya, melainkan kalimat yang muncul dalam tragedi yang ditulis olehnya, Hamlet—dan sebenarnya, kata-kata itu sama sekali tidak muncul di Hamlet, dan tampaknya hanya dibuat-buat oleh Internet. Bagaimanapun, apakah Shakespeare mengatakannya atau tidak, menurutku pribadi kutipan itu benar dan juga bijaksana. Hidup adalah serangkaian pilihan …. Pokoknya, aku sudah mengatakan semua hal ini sebelumnya.

Beberapa bulan yang lalu, aku ditembak oleh seorang gadis di kelasku bernama Ibusuki Saki. Pengakuan pertamanya sangat merendahkan dan sangat ceroboh, tetapi pengakuan berikutnya, yang dia berikan padaku pada kencan taman hiburan kami, sangat tulus. Itu sebabnya aku bersungguh-sungguh ketika aku menolaknya. Dengan caraku sendiri yang tulus, aku memberitahunya bahwa aku tidak bisa berkencan dengannya karena aku punya pacar dan dia adalah wanita yang kucintai.

Memilih seseorang berarti tidak memilih orang lain. Aku memilih Orihara Hime, dan aku tidak memilih Ibusuki Saki. Kupikir itu sombong untuk lelaki sepertiku memilih orang, tapi mungkin aku tidak harus lari dari “kesombongan” itu. Kalau kau mempertimbangkan bahkan pilihan untuk tidak memilih sebagai bagian dari memilih, maka orang tidak dapat lari dari pilihan—dan biarpun mereka dapat lari, tak ada gunanya.

“Hidup adalah serangkaian pilihan.”

Tentu saja, tetapi hidup adalah serangkaian pilihan, dan rangkaian pilihan yang kaubuat adalah hidupmu. Tak salah untuk mengatakan bahwa hidupmu ditentukan oleh hal-hal dan orang-orang yang kaupilih. Pilihan itu penting dan berharga …. Setidaknya, seharusnya begitu. Yang mengingatkan aku, dahulu kala ayahku memberitahuku sesuatu yang sangat berlawanan dengan itu.

“Kaoru,” dia memulai. Itu adalah musim semi tahun ketigaku di SMP, sewaktu ketika aku harus membuat keputusan serius tentang sekolah yang ingin kumasuki—saat ketika bahkan seorang siswa SMP harus memikirkan masa depan mereka, dengan cara yang dilakukan siswa SMP. Ayahku dan aku tengah berbicara agak serius tentang masa depan, meskipun itu tidak seperti diskusi yang sangat formal atau apa pun. Itu adalah hari ketika klinik kiropraktik kami tutup karena hari libur nasional. Aku sedang membersihkan klinik, dan di belakangku, ayahku sedang mengatur catatan medis ketika dia memulai percakapan seperti sedang berbasa-basi.

“Kau benar-benar berencana untuk mengambil alih klinik kita?” tanyanya.

“... Tentu.” Ada nada gugup dalam suaraku. Selama beberapa generasi—yah, sejak kakekku mendirikannya—keluargaku telah menjalankan klinik kiropraktik ini. Ayahku adalah pemilik kedua klinik tersebut, dan sejak aku lahir, sudah menjadi takdirku untuk menjadi yang ketiga. Aku bahkan menerima pendidikan khusus untuk menjadi penerus yang layak ….

Yah, cuma bercanda. Itu tidak benar, jelas.

Dengan “membantu kalau kau ingin uang saku” sebagai alasanku, aku hanya membantu pekerjaan yang sangat sederhana seperti membersihkan klinik dan mencuci handuk. Ayahku bahkan tidak pernah sekalipun mengatakan padaku untuk mengikuti jejaknya. Pelanggan reguler kami yang lebih tua yang tinggal di lingkungan kami sering mengatakan kepadanya, “Masa depan pasti cerah, memiliki penerus yang layak seperti itu,” tetapi ayahku hanya tersenyum sopan dan menjawab dengan samar, “Ayah penasaran soal itu?”

Namun, aku telah mengambil keputusan. Sejauh yang kuingat, aku ingin mengambil alih Momota Chiropractic, klinik yang dipertahankan oleh kakek yang telah meninggal dan ayahku hingga sekarang. Mungkin perasaan itu terlihat dalam sikapku sehari-hari, dan itulah sebabnya ayahku bertanya padaku, “Kau benar-benar berencana untuk mengambil alih klinik kita?” seperti dia memastikan.

“Setelah aku lulus SMA, aku ingin pergi ke sekolah teknik untuk terapis judo. Pada awalnya, aku mungkin akan melakukan pelatihanku di tempat lain, tapi …. Pada akhirnya, aku ingin bekerja di sini dan mengikuti jejak ayah. Aku ingin melindungi tempat yang kakek mulai dan Ayah ambil alih ini.” Mulutku menjadi kering, dan aku bisa merasakan jantungku berdetak lebih cepat. Itu adalah pertama kalinya aku berbicara serius tentang masa depan dengan ayahku. Aku merasa sedikit malu—dan sangat gugup. Mau tak mau aku merasa cemas tentang bagaimana reaksi ayahku.

Apakah dia akan senang bahwa aku mengikuti jejaknya? Atau mungkin sebaliknya, dan dia akan marah dan berkata, “Tidak semudah itu”?

Aku bertanya-tanya reaksi seperti apa yang akan dimiliki ayahku terhadap jenis keputusan dan pilihan yang dipikirkan oleh seorang siswa SMP. Aku gemetar ketakutan. Namun, reaksi ayahku biasa saja.

“Hmm. Begitu? Yah, Ayah pikir itu tidak mudah, tapi kau melakukan yang terbaik,” hanya itu yang dia katakan, dan dia kembali mengatur rekam medis.

“….” Hah? I-itu satu-satunya reaksinya? Bukankah seorang anak laki-laki mengikuti atau tidak mengikuti jejak ayahnya merupakan masalah besar? Dalam manga atau drama TV, di sinilah akan ada semacam konflik, bukan? Apakah aku mengikuti jejaknya atau tidak, bukankah ini bagian di mana kita bertengkar hebat antara ayah dan anak? Aku gelisah dan segalanya, tahu? Apa-apaan dengan reaksi lemah ini? “H-Hei, Ayah …?”

“Hmm?”

“Apa tidak ada … yang lain?”

“Apa maksudmu, ‘yang lain’?”

“Tidak, maksudku …. Kita tidak akan berdiskusi panas tentang masa depanku? Seperti … kau tidak akan menentangku mengikuti jejakmu?”

“Kau ingin Ayah melakukannya?”

“Tidak juga, tidak.”

“Jadi, apakah kau ingin Ayah merasa senang? Apakah kau ingin Ayah mengatakan, ‘Itulah anakku!’ atau semacam itu?”

“T-Tidak, bukan seperti itu ….”

Itu memalukan … karena aku merasa seperti itu. Jika aku mengatakan aku tidak ingin ayahku senang tentang hal itu, aku akan berbohong. Tetap saja, itu tidak berarti aku ingin mengakuinya di depannya.

Ayahku, seolah-olah dia melihat betapa bingungnya aku, berkata, “Ya, bukannya aku tidak senang. Ayahku bekerja di klinik ini selama bertahun-tahun sebelum dia meninggal, dan aku juga telah bekerja di sini selama bertahun-tahun, jadi aku akan merasa senang jika kau mengambil alih. Ayah mungkin juga akan merasa bahagia, dari luar kubur.”

“….”

“Tapi jika kau tidak mengambilnya, tidak apa-apa juga. Aku tidak punya niat untuk memaksamu melakukan apa pun dengan masa depanmu. Satu-satunya pekerjaanku sebagai orangtua adalah mengirimmu ke perguruan tinggi atau sekolah khusus. Segala sesuatu yang lain adalah hidupmu. Hiduplah seperti yang kauinginkan,” ungkap ayahku dengan suara pelan. Dia memberiku senyum lembut.

“….”

Aku tidak tahu apakah dia murah hati, lepas tangan, atau hanya mengatakan apa pun yang dia suka. Bagaimanapun, sepertinya dia dengan mudah menyetujui keputusanku. Seharusnya aku mungkin merasa bahagia, tapi jujur saja, yang kurasakan lebih seperti kekecewaan.

“… Hah.”

“Apa? Kau terdengar murung.”

“Tentu saja! Kupikir aku membuat keputusan yang cukup besar. Aku bahkan membayangkan banyak situasi berbeda di mana kau akan menentangnya dan mengatakan hal-hal seperti ‘Kau akan kuliah!’ atau ‘Kau tidak harus memutuskan jalan yang akan diambil masa depanmu sekarang,’” rengekku.

“Ha ha. Yah, akan membosankan memiliki seorang ayah yang mengatakan hal yang begitu umum, kan?” Suaranya berubah menjadi nada bercanda. “Jalan apa pun yang kauambil, tidak masalah asalkan itu jalan yang kaupilih. Yah, jika itu jalan yang benar-benar mengerikan dan jelas kacau, aku mungkin akan menghentikanmu, tapi … hidupmu adalah milikmu dan bukan milikku. Selain itu …” Dia mengangkat wajahnya sedikit, seperti sedang melihat sesuatu yang jauh di atas langit. “Apa yang kaupilih dalam hidup sebenarnya kurang penting dari yang kaupikirkan.”

Post a Comment

0 Comments