Choppiri Toshiue Jilid 6 Bab 5

Beberapa hari berlalu saat kami memikirkan pikiran dan perasaan kami masing-masing, dan hari pertama festival budaya pun tiba. Bagaimanapun, Ura akhirnya datang ke festival; dia absen selama dua hari setelah ketidakhadiran awalnya, tapi dia akhirnya kembali pada hari festival dimulai. Yah, lebih tepatnya, dia tidak datang ke sekolah dan lebih seperti dia diantar olehku.

“K-kau mengerti, Momo? Kau akan membantuku menyelesaikan masalah di kelas dan melindungiku dari tatapan dingin mereka, kan?!”

“Ya, ya, aku mengerti ….”

Ura mengikutiku menyusuri lorong sekolah, terlihat sangat ketakutan. Sudah seperti ini sejak kami bertemu di minimarket dekat sekolah.

Sebelum aku berangkat ke sekolah pagi ini, Ura menghubungiku. Pesannya panjang dan bernada tinggi, tapi ringkasnya, pesannya pada dasarnya berbunyi, “Aku takut datang ke sekolah sendirian, jadi tolong ikut aku.”

Tidak mungkin aku bisa menolak permintaan seperti itu. Tetap saja … Aku tidak yakin bagaimana perasaanku tentang ini. Maksudku, aku senang dia kembali ke sekolah, tapi sebagian dari diriku mengharapkan kejadian yang lebih menyentuh …. Seperti, tepat ketika teman-teman sekelasnya berada dalam kesulitan karena ketertarikan dan mulai berpikir, “Sialan, kalau saja dia ada di sini pada saat seperti ini!” Ura akan masuk dan menyelamatkan hari itu. Siapa sangka dia malah memintaku untuk menemaninya ke sekolah …. Lagipula, Ura sajalah yang melakukan hal seperti ini ….

“… Kau kelihatannya mempunyai sesuatu yang ingin kaukatakan.”

“Tidak juga.”

“Hmph. Bersyukurlah. Aku tidak berencana datang ke acara bodoh ini, tapi … kau dan ibuku merasa kesal karenanya, jadi aku tidak punya pilihan selain datang.”

“Ya, aku tahu. Terima kasih sudah datang, Ura.”

“… Bah. Diam kau.” Mungkin Ura ingin menyembunyikan betapa malunya dia, karena aku merasakan sebuah tinju meninju punggungku dengan ringan. Dan dengan itu, kami berdua terus menaiki tangga dan menuju ruang kelas kami.

Sekarang adalah pagi hari festival budaya sekolah, lantai untuk siswa tahun pertama dipenuhi dengan dekorasi yang semarak, dan semua kelas didekorasi agar sesuai dengan atraksi mereka. Meski siswanya sudah banyak, namun belum ada seorang pun dari luar sekolah yang muncul. Mungkin karena suasana festival, tapi semua orang sedikit gelisah.

Setelah aku menunjukkan wajahku sebentar di kelasku, aku membawa Ura ke wajahnya.

“Y-Ya ampun, apa yang harus aku lakukan? Bagaimana jika seluruh kelas marah dan memutuskan untuk membunuhku?”

“Jangan khawatir. Mungkin akan baik-baik saja.”

“Momo …. Kalau-kalau ada yang tidak beres, bolehkah aku bilang ini semua terjadi karena kau menyuruhku melakukannya?”

“Ha ha ha …. Yah, tidak.”

Daya tarik kelas Ura adalah maid cafe. Meskipun masih tahun pertama, mereka tampaknya benar-benar berusaha keras untuk melakukannya.

Pintu masuk ke ruang kelas mereka adalah gambar pelayan anime seukuran aslinya. Aku mengintip ke dalam kelas dari sisi pelayan anime, dan ketika aku bertanya-tanya bagaimana aku harus mencairkan suasana ….

“Oh! Urano-kun!”

… seorang gadis di kelasnya berteriak ketika dia melihat Ura bersembunyi di belakangku. Dengan itu, banyak siswa di kelas yang menyadari kehadiran Ura.

“Mustahil! Ura datang?”

“Benarkah? Oh wow, dia benar-benar datang!”

“Hei, ini Urano! Lama tak jumpa!” Banyak siswa yang bergegas dan mengelilinginya.

“Urano, kau sudah membaik?”

“Kau mengalami demam misterius? Wah, itu menyebalkan.”

“Kami sudah siap dengan persiapannya, jadi kau tidak perlu khawatir.”

“Ya, itu benar. Instruksi yang kaukirimkan kepada kami sangat membantu.” Semua orang bersikap hangat dan mengundang saat mereka mendekati Ura. Rupanya, Ura menjadi lebih dekat dan lebih dicintai oleh kelasnya daripada yang kukira. Sepertinya kebohongan Ibusuki tentang dirinya menderita demam yang tidak bisa dijelaskan belum terungkap.

Meskipun Ura kewalahan dengan sambutan hangat ini, dia entah bagaimana berhasil mengimbangi mereka. Aku mulai berpikir bahwa aku tidak dibutuhkan di sini, dan aku baru saja akan pergi, tapi ….

“Hei, tunggu sebentar.” Sebuah suara tegas bergema di seluruh ruangan dan memecah suasana penyambutan. Sekelompok anak laki-laki dan perempuan keluar dari kelas dan mendekati kami. “Bukankah semua orang bersikap terlalu lunak padanya?”

Orang yang berdiri di depan kelompok dan menatap Ura adalah seorang pria yang, menurutku, bernama Obayashi. Aku belum pernah berbicara dengannya; dia tinggi, anggota tim sepak bola, dan, yah, tipe ekstrovert yang menjadi pusat perhatian di kelasnya. “Apa kalian semua lupa betapa banyak masalah yang kita alami karena orang ini pergi selama tiga hari?”

“Ya! Itu benar! Itu sangat sulit.”

“Kita harus tinggal lama sekali sepulang sekolah kemarin.” Orang-orang di sekitar Obayashi setuju dengan apa yang dia katakan. Di bawah tatapan para ekstrovert ini, Ura menggigit bibir.

“A-aku minta maaf. Maaf telah merepotkan kalian,” Ura meminta maaf dengan suaranya yang bergetar.

“Tidak, kami tidak bisa memaafkanmu.” Obayashi dan teman-temannya menggelengkan kepala. “Hanya mengatakan kau minta maaf tidak berarti apa-apa. Itu sebabnya … kau harus dihukum, Urano.”

“D-Dihukum?” Ura bergidik, dan sebelum dia menyadarinya, teman-teman Obayashi sudah mengelilinginya. Kemudian, mereka memberi Ura hukumannya ….

“Urano datang ke sekolah?!” Aku tidak bisa menahan diri untuk berteriak meskipun aku sendirian.

Aku berada di luar gedung sekolah karena pemberitahuan dari panitia perencanaan yang menyatakan bahwa area pengumpulan sampah yang dapat dibakar tiba-tiba berpindah; aku sedang memeriksa lokasi baru ketika aku mendapat pesan dari Rin dan Mai, yang berada di kelas pada saat itu. Teks tersebut mengatakan bahwa Urano telah datang ke sekolah.

“….” Aku mulai berlari menuju ruang kelas. Aku tidak perlu berhenti dan memikirkannya.

Dia datang ke sekolah … Urano benar-benar datang ke sekolah!

Banyak pikiran yang berputar-putar di kepalaku, tapi aku lebih banyak hanya bersyukur dan lega.

Untunglah! Kupikir Urano tidak akan datang.

Perasaanku kacau, dan aku tidak tahu apa yang akan kukatakan saat melihatnya. Namun, untuk saat ini, aku senang dia datang. Aku ingin melihat Urano. Aku ingin bertemu dengannya dan melakukan percakapan yang baik dengannya.

Aku mengganti sepatu di pintu masuk dan bergegas ke kelasku. Namun, dalam perjalanan ke sana ….

“Eek!”

“Wah!”

Aku terlalu terburu-buru hingga aku berpapasan dengan seorang gadis yang datang ke arahku, dan kami berdua terjatuh.

“Aduh …. Oh, maaf, kau baik-baik saja?” Aku menggosok pantatku saat aku berdiri dan mengulurkan tanganku. Aku tidak yakin dengan siapa aku berbicara, jadi aku berusaha bersikap hormat semampuku.

Orang yang terjatuh mengenakan pakaian maid, yang tidak terlalu aneh mengingat hari ini adalah hari festival. Tampaknya memang ada kelas-kelas lain yang juga menjadikan maid café sebagai atraksi mereka. Tunggu … huh? Aku merasa seperti aku pernah melihat pakaian maid ini di suatu tempat sebelumnya ….

“… Aku juga minta maaf.” Gadis dengan pakaian maid meraih tanganku dan berdiri. Tunggu … gadis? Hah? Suaranya terdengar sangat dalam. Juga … suaranya terdengar familiar ….

“Apa?! Urano?!” Aku tidak bisa menahan diri untuk tidak berteriak. Maksudku, aku tidak percaya. Gadis dengan pakaian maid di depanku—bukan, orang yang kukira perempuan—adalah, yang mengejutkanku, adalah Urano Izumi. Anak laki-laki yang sangat ingin kutemui saat ini berdiri di depanku mengenakan pakaian maid karena suatu alasan.

“K-kau ….”

“… Apa yang sedang kaulakukan? Kenapa kau memakai pakaian maid?”

“Dia-diam kau! Ini bertentangan dengan keinginanku!”

“Bertentangan dengan keinginanmu? Bagaimana …” Aku mencoba menahan tawaku, tapi tak ada gunanya. “Pff. Ha ha ha!”

“J-Jangan tertawa!”

“Ayolah, bagaimana mungkin aku tidak melakukannya? Ha ha ha! Itu terlihat sangat bagus untukmu.” Sungguh, itu terlihat sangat bagus untuknya hingga lucu. Juga, itu membuatku kesal. Mengapa itu terlihat sangat bagus untuknya? Itu ukuran wanita, tapi sangat pas untuknya. Sungguh, aku iri dengan betapa kurus dan pucatnya dia ….

“Nnn ….”

“Oh maaf. Jangan sedih … aku mengerti. Kau tidak melakukan ini sendirian … kan?”

“Tentu saja tidak! Obayashi dan yang lainnya menyuruhku memakai ini!”

“Obayashi …?”

“Si brengsek itu mengatakan itu adalah hukuman karena menyebabkan masalah pada semua orang dan memaksaku melakukannya! Sial, kenapa ini harus terjadi padaku?! Momo bahkan berkata, ‘Terima saja hukumanmu dan berbahagialah karena kau bisa lolos semudah ini,’ dan tidak membantuku sama sekali …” Sepertinya banyak hal yang terjadi saat aku jauh dari kelas.

Obayashi ya? Dia adalah pria yang memiliki peran sentral di kelas, dan dia memiliki kepala yang besar … tapi dia bukan orang jahat. Alasan dia menyuruh Urano mengenakan seragam maid mungkin bukan untuk mengejeknya; dia mungkin hanya ingin menghilangkan sebagian rasa permusuhan yang dirasakan kelas terhadap Urano. Ketidakhadiran Urano yang tiba-tiba telah membuat kelas menjadi kacau, jadi mungkin masih ada beberapa orang yang perasaannya belum terselesaikan terhadapnya. Dengan membuat Urano menjalani hukuman yang begitu jelas, dia mampu menghilangkan rasa frustrasi mereka. Mungkin itulah yang dia tuju.

Atau mungkin itu sama sekali bukan tujuannya, dan dia melakukannya tanpa benar-benar memikirkan apa pun ….

“Aku dengan enggan menggantinya dengan ini, dan … aku benar-benar tidak tahu kenapa, tapi semua orang menjadi lebih bersemangat dari yang kukira, dan gadis-gadis di kelas mulai mengeluarkan peralatan rias mereka, jadi aku panik dan lari ….” Rupanya, mereka akan memberinya perubahan besar-besaran. Tapi, aku memahami perasaan mereka. Saat ini, Urano tampak seperti permata yang akan bersinar sempurna jika kau merias wajahnya.

“Hehe. Nah, ini bagus bukan? Seperti yang Momota katakan; kau seharusnya senang karena keadaannya hanya seburuk ini. Maksudku, kau bolos sekolah di saat penting seperti ini.”

“Diam kau! Menurutmu itu salah siapa?”

“Salah siapa?” Saat itulah aku ingat. Aku ingat semua perasaan yang kumiliki yang hilang karena keterkejutan melihatnya mengenakan pakaian maid, dan dadaku mulai terasa sakit karena perasaan bersalah dan canggung yang aku rasakan. “Hei, Urano … aku minta maaf untuk—”

“Jangan minta maaf,” kata Urano dengan suara rendah dan dingin. Namun, dia menatap lurus ke arahku. “Aku … akulah yang seharusnya minta maaf.”

“Apa …?”

“Aku minta maaf. Aku minta maaf karena membuatmu kesulitan.” Saat dia menundukkan kepalanya, aku terdiam.

“Urano …” Dia tidak banyak bicara, tapi bagiku kata-katanya tampak terlalu jujur dan terlalu tulus. Segala macam emosi mulai muncul di dadaku, tapi ….

“Baiklah! Itu permintaan maafku! Aku sudah minta maaf padamu!”

… Urano mengangkat kepalanya dan mengambil sikap yang segera menghancurkan semua emosi itu. “Itu menyelesaikan segalanya! Kau tidak berutang apa pun padaku, dan aku tidak berutang apa pun padamu! Tidak ada yang berutang budi kepada siapa pun, dan tidak ada yang harus disalahkan! Kita benar-benar sama!”

“….”

“Kau mengerti?! Sekarang kita bisa berpura-pura seolah semua hal yang terjadi kemarin tidak pernah terjadi! Dan jangan coba-coba menggangguku dengan ocehanmu!”

“Huh … Serius, kau sungguh ….”

“A-Apa…?”

“Tidak. Bukan apa-apa.” Dia sangat konyol, dan aku sudah melupakannya, tapi … entah kenapa aku tersenyum. Anehnya, aku merasa nyaman. “Hei, Urano. Ulurkan tanganmu sebentar.”

“Ke-Kenapa? Apakah kau akan menampar pergelangan tanganku? Atau kau akan meremas jariku?”

“Tenang, kau terlalu paranoid. Berikan saja tanganmu padaku.” Aku mendesaknya untuk bergegas, dan Urano dengan enggan memberikan tangannya kepadaku. Aku melilitkan benda yang kukeluarkan dari sakuku ke pergelangan tangannya yang kurus.

“Ini ….”

“Ya. Ini adalah gelang misanga dari merchandise kelas kita. Itu yang kita pilih bersama.”

Itu hanyalah gelang keberuntungan biasa yang memiliki warna oranye sebagai warna utamanya. Aku merasa ini agak konvensional, namun itulah yang kami putuskan ketika kami mempertimbangkan biaya dan waktu yang harus kami persiapkan.

“Kemarin baru datang. Kami membagikannya ke kelas, dan aku menyimpannya karena kau tidak ada di sana …. Kupikir aku akan memberikannya kepadamu jika kau datang hari ini.”

“….” Urano menatap gelang yang diikatkan di pergelangan tangannya dengan ekspresi emosional.

“Baiklah, ayo berangkat?”

“… Ya.” Kami kembali ke kelas bersama. Festival sekolah kami akan segera dimulai.

Saat itu jam sembilan pagi ketika Festival Seizan dimulai dengan upacara pembukaan yang diadakan di gimnasium. Setiap kelas dan klub melakukan persiapannya masing-masing, lalu pada pukul sepuluh pagi larangan orangtua dan tamu memasuki sekolah dicabut dan festival benar-benar dimulai.

Omong-omong, ketika beberapa teman sekelasku sedang memasak mie, aku telah bekerja dengan beberapa teman sekelasku sejak jam sembilan pagi mengemas mie soba untuk dimakan saat bepergian. Terdapat kursi yang tersedia di kelas kami untuk orang-orang duduk dan makan, namun ternyata permintaan terhadap mie soba kemasan yang dapat dibawa-bawa sangatlah tinggi. Menurut informasi yang didengar perwakilan kelas kami dari kakak kelas, orang-orang sangat menyukai soba kemasan ketika mereka ingin makan di luar atau meninggalkan festival sebelum sore hari.

Kelasku telah mengundi sif yang berdurasi beberapa jam, dan aku akhirnya ditugaskan bekerja selama dua jam sejak festival dimulai. Mengemas mie adalah pekerjaan di belakang layar yang sederhana dan membosankan, tapi ada manfaatnya karena aku tidak perlu bekerja sama sekali setelah dua jam pertama itu.

Dengan sisa waktu lima menit dalam giliran kerjaku, ketika aku sedang mengobrol dengan anggota lain dari kelompok pengepakan mie, sebuah tragedi terjadi. Saat aku sedang menata bungkus mie agar terlihat bagus, aku mendengar suara yang sangat familiar datang dari pintu masuk kelas.

“Momota-kun!” Itu adalah Orihara-san. Aku sudah menyuruhnya datang sekitar pukul sebelas, tapi kurasa dia datang lebih awal.

“Orihara-san?!” Saat aku mengangkat kepalaku, aku terkejut. Saat aku melihatnya, aku pikir aku akan pingsan dan kehilangan kesadaran. Aku mengertakkan gigi, menguatkan diriku, dan bergegas menghampirinya. “O-Orihara-san ….”

“He he he. Kurasa aku datang sedikit lebih awal. Ini luar biasa … benar-benar terasa seperti festival sekolah. Aku bahkan melihatmu bekerja sebentar. Kau bekerja sangat keras! Senang sekali melihatmu bersama teman sekelasmu seperti itu.”

“Tahan pikiran itu sebentar …” Aku mati-matian menopang lututku yang terasa seperti akan lemas karena putus asa. “Ke-Kenapa kau memakai seragam sekolah?”

Entah kenapa, pacarku berdiri di depanku dengan seragam sekolah dari almamaternya, SMA Putri Tourin. Pada tahap hubungan kami ini, bisa dibilang melihat item quest yang berperan penting dalam mempertemukan kami adalah sebuah nostalgia.

Mustahil! Apa yang dilakukannya di sini?

“Hah? ‘Kenapa’? Apa yang kaukatakan, Momota-kun?” Orihara-san mengangkat bahunya seolah-olah aku mengatakan sesuatu yang aneh, mendekat ke arahku, dan berbicara dengan berbisik. “Karena kita akan jalan-jalan keliling festival sekolah bersama, akan aneh kalau aku memakai pakaian biasa, kan? Aku harus berpura-pura menjadi pelajar.”

“….”

“Oh, kau tidak perlu khawatir. Aku tidak meminjam ini dari Yuki-chan. Ini sebenarnya seragam sekolahku. Aku meminta kakakku membawanya kembali ketika dia kembali ke rumah orangtua kami untuk mengambil beberapa barang. Sekarang aku bisa berbagi rahasia dengan kakakku, aku bisa memintanya melakukan hal semacam ini.”

Aku sudah menahan lidahku terlalu lama untuk mencegah seringai puas yang Orihara-san tampilkan di wajahnya. “Bukan itu masalahnya …. Ini aneh, kan? Kenapa kau harus berpura-pura menjadi pelajar?”

Sudah lama sekali aku tidak melihat Orihara-san mengenakan seragam sekolah. Terlebih lagi, dia berusaha keras untuk mempersiapkan seragamnya sejak dia masih menjadi pelajar ….

Oh begitu. Inilah yang dia maksudkan di telepon beberapa hari yang lalu ketika dia mengatakan dia akan bersiap ….

“Kupikir kau akan datang dengan pakaian biasa ….”

“… Hah? Tapi seragam sekolah lebih nyaman, bukan? Karena kita akan berjalan-jalan di festival bersama, sebaiknya tidak ada yang mengetahui umurku.”

“Tidak …. Tidak apa-apa jika orang mengetahuinya. Kita bisa saja mengatakan bahwa kita adalah saudara, bukan? Maksudku, kita sebenarnya berhubungan sekarang.”

“Mustahil! Tidakkah menurutmu itu aneh? Jika kita mengatakan itu, maka kau adalah anak yang berkumpul bersama bibinya di festival sekolah, bukan? Bukankah lebih wajar bergaul dengan gadis SMA?”

Tampaknya, kami mempunyai pandangan yang berbeda mengenai masalah ini. Seragam sekolah, atau pakaian biasa …. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan sulit untuk mengatakan mana yang lebih baik. Ya, masalah sebenarnya adalah kami tidak berkomunikasi dengan baik ….

“Aku sudah memberitahu teman sekelasku bahwa bibiku akan datang …” gumamku putus asa.

“… Hah?” Orihara-san membeku seperti mesin rusak. Kemudian, pada saat yang paling buruk ….

“Hei, Momota. Saatnya gantian.”

… teman-temanku dari kelas muncul. Ada sekitar lima total di sini untuk beralih denganku dan mulai bekerja.

“Maaf, kami sedikit terlambat. Kegiatan klub memakan waktu cukup lama.”

“Aku lapar, jadi ayo kita lakukan ini sambil makan.”

“Serahkan sisanya pada kami! Nikmatilah festivalnya juga.”

“Kau bilang bibimu akan datang, kan? Oh, dia sudah ada di sini. Jadi, ini kerabatmu …. Hah?” Salah satu dari mereka memandang Orihara-san, atau lebih spesifiknya, seragamnya, dan memberinya tatapan curiga. Lalu yang lainnya memasang ekspresi bingung yang sama di wajah mereka.

“Hah? Um, orang ini adalah kerabatmu?”

“Ya, tidak, um … Itu benar … semacam itu.”

“… Apa? T-tapi kenapa dia memakai seragam dari Tourin? Tunggu, bukankah kau bilang dia punya pekerjaan?”

“Y-Yah … dia menyukainya. Ya! Dia orang yang seperti itu. Dunia ini penuh dengan individu-individu dengan berbagai macam hobi, tahu?” Aku mati-matian memutar otak, tapi aku tidak bisa memikirkan alasan yang lebih baik dari itu. “B-Benar, Orihara-san?”

“… Apa?! U-Um … Y-Ya, benar! Wah, sudah lama sekali aku tidak bersekolah, jadi kupikir aku tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan seperti ini!”

“O-Oh … Sungguh …” Semua teman sekelasku memberiku senyuman yang dipaksakan. Mereka bingung dan merasa ngeri.

“B-Baiklah, kalau begitu aku serahkan padamu.”

Kami bergegas meninggalkan kelas sebelum tertangkap. Setelah kami berjalan sebentar, aku dengan tulus meminta maaf. “… Maafkan aku, Orihara-san. Ini semua karena aku tidak meluangkan waktu untuk menghubungimu ….”

Sial, aku mengacau. Kecelakaan ini mungkin bisa dihindari. Aku tidak dapat menyangkal bahwa selama beberapa hari terakhir, Orihara-san dan aku begitu sibuk mengkhawatirkan Ura sehingga kami mengabaikan keadaan kami sendiri ….

Ah, kami benar-benar telah melakukannya sekarang …. Meskipun ini adalah kencan festival besar kami, kami telah tersandung saat keluar dari gerbang…

“Tidak, aku juga minta maaf. Aku terlalu terburu-buru lagi dan membuatmu kesulitan, Momota-kun … Ini akan berdampak negatif pada kehidupan sekolahmu mulai sekarang ….”

“Aku baik-baik saja. Tapi aku menyebabkan kesalahpahaman aneh tentangmu ….”

“Tidak, aku baik-baik saja. Baru saja … aku memutuskan bahwa aku tidak akan pernah datang ke SMA ini lagi. Ha ha ha ….”

“….”

Lukanya lebih dalam dari yang kuduga …..

Kami berdua telah menyiapkan rencana kami sendiri untuk hari ini. Aku berencana memberitahu semua orang bahwa Orihara-san adalah bibiku, sementara dia berencana berpura-pura bahwa dia adalah seorang siswi SMA. Karena kami tidak cukup berkomunikasi sebelumnya, rencana kami berbenturan, dan sebagai hasilnya, sebuah hibrida tercipta dari bagian terburuk dari keduanya. Sekarang Orihara-san harus memainkan peran sebagai karakter yang mengerikan yang bahkan menyakitkan untuk kugambarkan: seorang bibi yang hobinya bercosplay sebagai seorang siswi SMA.

Post a Comment

0 Comments