Choppiri Toshiue Jilid 6 Bab 2

Saat itu jam makan siang, dan aku sedang makan bersama temanku Ura dan Kana di ruang kelas yang kosong seperti biasa.

“Sepertinya sekolah semakin semarak,” kata Kana.

“Tentu saja,” kataku sambil mengangguk.

Seminggu lagi festival budaya SMA Seizan, Festival Seizan, dan saat ini setiap kelas terlambat untuk mempersiapkannya. Di sekolah kami, merupakan hal yang normal jika siswa tahun kedua menjadi pusat festival budaya: siswa tahun ketiga sibuk dengan ujian masuk, dan siswa tahun pertama tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan festival tersebut, sehingga banyak kelas yang tidak termotivasi. Kelas tahun pertamaku kurang lebih sesuai dengan polanya dan cukup antusias terhadap festival sekolah.

Meski begitu, dengan festival yang tinggal seminggu lagi, kelasku dipengaruhi oleh semua orang dan menjadi lebih termotivasi. Kami membuat mie soba—yang paling klasik dari yang klasik, yang paling klise dari yang klise. Menurut informasi yang kudapat sebelum festival, sepertinya ada dua kelas lain yang akan membuat mie soba juga. Sekolah kami rupanya tidak khawatir dengan hal-hal seperti ini yang tumpang tindih.

Aku bukan anggota panitia penyelenggara festival budaya atau perwakilan kelas, jadi aku hanya memenuhi peran yang diberikan kepadaku di kelas; tetap saja, bahkan aku menjadi sedikit bersemangat.

“Aku tak sabar untuk itu. Bagaimanapun, ini akan menjadi festival sekolah pertama kita. Yah, karena kita kelas satu, tidak banyak yang bisa kita lakukan, tapi kalau kita ingin melakukannya, sebaiknya kita bersenang-senang sebanyak mungkin.”

“Ha ha. Lihat siapa yang bicara,” kata Kana sambil tertawa terbahak-bahak. “Saat persiapan festival dimulai, kau sama sekali tidak memikirkannya.”

“Ah ….”

“Kau jelas-jelas mengutamakan Orihara-san sebelum festival budaya dan berusaha tampil keren dengan mengatakan kau tidak bisa membayangkan masa mudamu tanpa Orihara-san lagi.”

“O-Oh ….” Aku tidak mendapat jawaban, jadi yang bisa kulakukan hanyalah menghadap ke lantai.

Seperti yang Kana katakan. Saat persiapan festival dimulai sekitar tiga minggu lalu, sejujurnya aku sedang tidak mood. Aku mengetahui bahwa ayahku akan menikah dengan Kisaki-san, dan dia mengetahui hubunganku dengan Orihara-san …. Kekacauan itu telah membuat keadaan menjadi kacau pada saat itu. Namun, sekarang setelah masalah itu terselesaikan, aku bisa bersantai dan mulai merasa bisa mengabdikan diriku pada festival sekolah.

“Omong-omong, apakah Orihara-san akan datang?”

“Ya, menurutku begitu.”

Pada awalnya, aku berdebat apakah aku harus mengundangnya atau tidak. Orihara-san telah memberitahuku sebelumnya bahwa dia ingin melihat SMA tempatku bersekolah, dan menurutku ini adalah kesempatan bagus karena orang luar diperbolehkan untuk ke sekolah. Namun, aku ragu ketika memikirkan bagaimana hubungan kami bisa terungkap. Tapi saat aku berbicara dengan Ibusuki beberapa hari yang lalu, aku menyadari sesuatu. Sejak ayahku dan Kisaki-san menikah, itu berarti Orihara-san dan aku telah menjadi kerabat. Kami mempunyai rencana darurat untuk berpura-pura memiliki hubungan keluarga jika kami dilihat oleh seseorang yang kami kenal, namun yang mengejutkan, fiksi tersebut menjadi kenyataan. Karena kami resmi kerabat, tidak masalah jika aku mengundangnya ke festival sekolah. Orihara-san dapat berpartisipasi tanpa masalah.

“Oh begitu. Jadi itu sebabnya kau tiba-tiba termotivasi, Momo. Kau tidak mau terlihat timpang di depan Orihara-san,” kata Kana tidak percaya. “Masa mudamu benar-benar berkisar pada Orihara-san, ya?”

“… Diam,” kataku, tidak bisa menyangkalnya dengan tegas.

Rasanya aku akhirnya bisa fokus pada acara yang berhubungan dengan sekolah sekarang setelah masalah yang tidak berhubungan dengan sekolah dengan keluarga dan pacarku akhirnya mereda. Bohong kalau aku bilang tidak ada bagian dari diriku yang hanya ingin bekerja keras karena Orihara-san muncul. Maksudku, pacarku akan datang, jadi wajar saja kalau aku ingin bekerja keras! Aku ingin dia bersenang-senang, dan aku tidak ingin dia berpikir aku adalah tipe pria yang suka mengabaikan acara sekolah seperti festival budaya.

Astaga. Itu seperti yang Kana katakan. Aku tidak bisa memungkiri jika ada yang mengatakan bahwa dia adalah pusat masa mudaku.

Saat aku sedang menegur diriku sendiri dalam hati, Ura, yang sedang terburu-buru makan roti dari toko sekolah, membuka mulutnya dan berbicara untuk pertama kalinya setelah sekian lama.

“Bah. Kau benar-benar riang.” Ketika aku menengok, aku melihat dia sudah selesai makan rotinya. Malah, Ura adalah pemakan yang lamban, tapi hari ini dia menyelesaikan makan siangnya dengan kecepatan yang luar biasa tinggi. “Dengan festival ini, semua orang jadi ….”

Biasanya, di bagian inilah sikap buruk Ura akan mulai muncul. Misalnya, kau mengharapkan dia mengatakan sesuatu seperti:

“Festival sekolah hanyalah perayaan yang dibuat oleh ekstrovert untuk ekstrovert! Ini adalah contoh peristiwa yang diperuntukkan bagi masyarakat yang bodoh dan merupakan warisan negatif yang diwariskan dari generasi ke generasi …. Kenapa sistem pendidikan Jepang memaksa siswa untuk melakukan kegiatan kelompok? Apa ada gunanya memaksa siswa untuk melakukan sesuatu bersama-sama dalam kerangka yang ditetapkan oleh sekolah yang dikenal sebagai ‘kelas’? Ini hanya sebuah kesempatan untuk membiarkan orang-orang ekstrovert berpura-pura bersikap baik sementara mereka memaksa orang-orang yang berada di peringkat lebih rendah—yang tidak bisa menolak meskipun mereka ingin—untuk menjalankan tugas mereka, sambil mengadopsi slogan ‘Ayo kita semua bekerja bersama sebagai satu kelas.’ Lalu, meskipun mereka begitu cepat menutup kesenjangan antara kau dan mereka, ketika festival selesai, para ekstrovert itu hanya akan mengabaikanmu dan berkata, ‘Oh, aku sudah selesai berurusan dengan rakyat jelata.’ Juga, mereka menyuruhmu membeli barang dagangan jelek untuk kelasmu, bukan? Mereka mengambil uangmu dengan menempatkanmu dalam situasi di mana kau tidak bisa menolak. Menekan seseorang untuk membeli sesuatu dalam keadaan tidak bisa menolak adalah sebuah penipuan lho! Itu menggunakan hipnosis untuk berbisnis! Aku akan menuntut!”

Kurasa aku telah melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam membuat prediksi yang panjang tentang apa yang akan dia katakan, kalau aku sendiri yang mengatakannya. Mungkin karena kami sudah berteman begitu lama, atau mungkin karena bagian diriku yang introvert hilang …. Pokoknya, jika ini adalah Ura yang normal, kupikir dia pasti akan mengutuk festival sekolah. Namun, untuk Ura hari ini:

“Festival sekolah pasti menyenangkan bagi orang-orang yang berpikiran ‘Ayo bergabung!’ dan ‘Ayo bersenang-senang!’ aku yakin mereka tidak memiliki banyak rasa tanggung jawab. Akulah yang harus memimpin mereka, menyanjung mereka, menenangkan mereka, mengatur mereka, dan entah bagaimana membentuk mereka. Menjadi pemimpin sungguh menyebalkan! Aku sangat sibuk. Aku ada rapat lagi hari ini setelah ini, jadi aku tidak punya waktu untuk bersantai dan makan siang.”

Baik Kana dan aku terdiam, tapi Ura tidak menyadarinya. Dia hanya mengumpulkan barang-barangnya dan berdiri dari tempat duduknya. “Baiklah, aku pergi. Yah, itu hanya penyesuaian terakhir yang mungkin mereka tidak benar-benar membutuhkanku, tapi kelas kami memiliki banyak tipe yang tidak bisa diandalkan di dalamnya. Mereka memintaku untuk datang. Sungguh, ini sungguh menyebalkan.”

“….”

“Hmm? Untuk apa kalian menatapku?”

“Tidak, hanya saja … kupikir kau terlihat sangat menikmati dirimu sendiri,” kataku.

“Apa?!” Wajah Ura menjadi merah padam. “B-Bagian mana dari diriku yang terlihat menikmati diriku sendiri?! Dasar!”

“Tidak, kau terlihat sedang bersenang-senang. Wah, sangat menyenangkan ….”

“J-Jangan salah paham! Aku tidak peduli dengan festival sekolah ini, dan aku tidak merasa terikat dengan kelasku! Hanya saja … aku hanya tertarik pada aktivitas perusahaan yang berorientasi pada keuntungan ini! Aku hanya merasa bermanfaat menggunakan otoritasku untuk memanfaatkan karakter latar belakang yang tidak berguna itu untuk mendapatkan keuntungan!” Ura berteriak seperti sedang melontarkan kata-katanya. Lalu, dengan wajah merah, dia pergi seperti sedang melarikan diri. Setelah dia kabur, aku bisa mendengar suara seorang gadis dari luar kelas.

“Oh, Urano.” Aku tidak bisa melihatnya, tapi suara itu mungkin milik Ibusuki. Kedengarannya dia bertemu Ura saat dia meninggalkan kelas.

“Oh, itu kau.”

“Ada apa dengan sikapnya? Dan setelah aku datang jauh-jauh untuk menjemputmu ….”

“Aku tidak memintamu melakukannya.”

“Yah, maafkan aku. Aku hanya khawatir kau akan melarikan diri lagi.”

“… Satu-satunya saat aku melarikan diri adalah ketika kau mendapat saran buruk untuk membuatku memperkenalkan diriku di depan seluruh kelas.”

“Aku bilang aku minta maaf soal itu. Aku menyesali perbuatanku.”

“Bah. Ayo cepat pergi.”

“Hei, tunggu sebentar. Kau berjalan terlalu cepat.”

“Kita tidak akan punya waktu jika tidak bergegas. Jika kita tidak memutuskan barang untuk seluruh kelas hari ini, maka kita tidak akan tiba tepat waktu untuk festival.”

“Aku tahu aku tahu.”

“Barang jenis ini sangat penting. Ada sebagian orang yang mengkritik mereka dengan menyebut mereka scam atau mengatakan bahwa membuat seseorang membeli sesuatu dalam situasi di mana mereka tidak bisa menolaknya adalah cara menggunakan hipnosis untuk berbisnis. Tapi, kalau kau mempertimbangkan penampilan secara keseluruhan …” Suara Ura dan Ibusuki bergema di lorong, menjadi semakin kecil. Sebagai perwakilan kelas, mereka mungkin sedang menuju rapat untuk festival sekolah.

“… Yah, itu mengejutkan,” kata Kana setelah jeda singkat, ekspresi terkejut masih terlihat di wajahnya. “Aku tidak mengira Ura akan begitu bersemangat dengan festival ini.”

“… Ya.”

Urano Izumi adalah seorang introvert di antara introvert; alasan dia berada dalam posisi di luar karakternya sebagai perwakilan kelasnya sepertinya adalah karena Ibusuki mengundangnya untuk melakukannya. Rupanya, setelah terpilih pertama sebagai wakil perempuan di kelas, dia mencalonkan Ura. Pada awalnya, Ura tampak seperti dia akan berhenti datang ke sekolah karena putus asa dan terhina, tapi dua minggu telah berlalu sejak dia ditunjuk untuk posisinya yang tidak cocok, dan dia telah tampil sebagai perwakilan kelas dengan penuh antusiasme tepat di hadapanku. Dia bilang itu menyebalkan, tapi sepertinya dia benar-benar puas.

“Banyak pertemuan kelompok perwakilan kelas, tapi dia menyesuaikan diri,” jelas Kana yang juga perwakilan kelas. “Dia hanya meringkuk di sampingku pada pertemuan pertama, dan sekarang dia benar-benar duduk di depan dan memberikan pendapatnya.” Kana tampak terkesan.

“Pada satu titik, aku bertanya-tanya apa yang akan terjadi, tapi sepertinya itu berhasil.” Aku menghela napas lega.

Dua minggu yang lalu, aku begitu sibuk dengan keluarga dan masalah cintaku sehingga aku tidak bisa memberikan banyak perhatian pada Ura. Aku merasa tidak enak karenanya, tapi sepertinya kekhawatiranku tidak ada gunanya, dan dia tidak membutuhkan bantuanku sejak awal.

Ya ampun …. Pantas saja Ibusuki menyebutku terlalu protektif ….

“Sepertinya dia kembali menjadi Ura yang dulu,” kata Kana dengan pandangan jauh ke matanya.

“Ya,” kataku sambil mengangguk. Itu memang mengingatkanku pada Ura yang dulu. Dia adalah anak laki-laki yang lincah dan bersemangat yang dipenuhi dengan kepemimpinan yang membuatnya menjadi pusat perhatian di kelasnya. “Kupikir dia telah banyak berubah … tapi aku rasa, jauh di lubuk hatinya, dia tidak berubah sebanyak yang kukira.”

“Dia tidak. Bagian dirinya yang masih terlalu memaksakan diri di depan gadis yang disukainya sebenarnya tidak berubah.” Kata-kata yang diucapkan Kana melalui senyuman tipisnya sedikit menyengat. Namun, menurutku sengatan itu tidak ditujukan ke luar, melainkan ke dalam. Kata-katanya yang mengejek dan mencela diri sendiri ditujukan untuk masa lalunya sendiri, bukan masa lalu orang lain.

Tiba-tiba aku teringat kami bertiga—bukan, kami berempat—di SMP. Pada saat itu, Ura pastinya bekerja terlalu keras dan memaksakan diri terlalu keras.

“Ha ha. Aku menantikan apa yang terjadi dengan keduanya,” kata Kana dengan suara ringan setelah topik. Dia mungkin ingin mengubah suasana karena percakapan kami menjadi sedikit suram. “Aku dengar banyak pasangan mulai berkencan setelah festival sekolah, jadi mungkin hal yang sama akan terjadi pada mereka.”

“Aku penasaran.”

“Yah, menurutku keduanya cocok satu sama lain.”

“Sepertinya kau mengkhawatirkan kehidupan cinta orang lain, tapi bagaimana dengan kehidupan cintamu, Kana?” Aku tidak bermaksud terlalu dalam dengan hal ini; aku hanya mencoba berbasa-basi santai.

“Aku?”

“Apakah semuanya baik-baik saja dengan Uomi?”

“Oh ya. Aku bersenang-senang dengan Uta-chan.”

“Jadi begitu.”

“… Sejujurnya, aku tidak menyangka kami akan bertahan selama ini,” kata Kana seolah sedang melamun. “Kami mulai berkencan tepat setelah aku masuk sekolah pada bulan April, jadi kukira kami sudah berkencan selama sekitar enam bulan. Bagiku, itu adalah rekor baru.”

Sekarang kalau dipikir-pikir lagi, ini mungkin Kana yang paling lama berkencan dengan seseorang. Setelah kejadian di SMP itu, dia tiba-tiba menjadi sangat ramah dan populer. Dia akan berkencan dengan siapa saja yang menyatakan perasaannya padanya. Namun, tidak ada satu pun hubungannya yang bertahan lama. Paling lama, mereka akan bertahan dua bulan. Itu mungkin normal untuk berkencan di SMP, tapi Kana memiliki cukup banyak hubungan pendek seperti ini.

“Sikapku selalu menerima siapa pun yang datang padaku dan tidak mengejar siapa pun yang pergi.”

“Kata-kata itu adalah hal yang populer untuk diucapkan oleh orang,” kataku bercanda, tapi di dalam hati, perasaanku campur aduk mengenai apa yang dia katakan. Dia mungkin bermaksud untuk “menerima siapa pun yang datang kepadanya dan tidak mengejar siapa pun yang pergi”, tapi mungkin bukan itu yang sebenarnya terjadi. Bagian tentang tidak mengejar siapa pun yang pergi mungkin benar, tetapi bagian tentang menerima siapa pun yang datang kepadanya adalah sebuah kebohongan. Menurutku kebenarannya adalah Kana terus menolak setiap wanita yang mendekatinya dan mencoba memperdalam hubungan mereka; begitu mereka menjadi pacar, dia tidak akan membiarkan mereka masuk terlalu dalam ke dalam hatinya.

“Aku mendengar hal yang sama berulang kali ketika aku dicampakkan. Selalu ada hal-hal seperti ‘Apakah kau benar-benar mencintaiku?’ dan ‘Aku tidak tahu apa yang kaupikirkan.’”

“….” Kedengarannya seperti kisah perpisahan yang menyedihkan, di mana masalah sudah ada sebelum ada pertengkaran. Rasanya seperti tidak pernah ada cinta di sana sejak awal.

“Namun, dengan Uta-chan …” Kana memulai, dan ekspresinya menjadi suram. Wajahnya berubah dari ekspresi sedih dan gelisah menjadi ekspresi rumit yang tak terlukiskan. “Ya … Dengan dia … Yah, aku tidak tahu apa yang dia pikirkan.”

“Oh …” Masuk akal. Uomi Uta adalah tipe gadis yang pikirannya tidak bisa dibaca. Bukan berarti dia orang bebal atau misterius. Aku tidak bisa menggambarkannya dengan kata-kata seperti itu. Hanya saja … Aku tidak tahu apa yang dia pikirkan.

“Aku tidak pernah bosan saat bersama Uta-chan. Pada dasarnya, dia tidak masuk akal, tapi ternyata dia sangat sopan, dan penuh perhatian ketika diperlukan. Jadi itu sebabnya … Aku merasa melewatkan momen yang tepat untuk putus dengannya.”

“…” Aku merasakan sengatan di dadaku. Kata-kata yang keluar darinya terdengar seperti perasaannya yang sebenarnya telah keluar dari lubuk hatinya, dan entah bagaimana, itu membuatku merasa kesepian. Dia melewatkan momen yang tepat untuk putus dengannya? Itu membuatnya terdengar seperti dia tidak pernah berniat untuk tinggal bersamanya untuk waktu yang lama, dan dia mencari waktu yang tepat untuk putus dengannya sejak awal. Wajar jika hubungan antarsiswa berlangsung selama beberapa bulan atau lebih, namun sepertinya akan menjadi hubungan yang sangat menyedihkan jika kau berpacaran dengan seseorang dengan alasan bahwa kau akan putus dengannya sejak awal ….

Kana tersenyum dingin seperti biasanya. Dia sepertinya baik-baik saja, tapi aku bertanya-tanya apakah apa yang terjadi di SMP masih menghantuinya sampai sekarang. Meskipun dia selalu memberiku nasihat yang baik dengan raut wajahnya yang penuh pengertian, aku merasa kalau menyangkut kehidupan cintanya, Kana sangat tidak kompeten.

“Festival sekolah, ya? Itu mengingatkanku kembali.”

Saat itu petang di hari yang sama, dan setelah aku makan malam dan mandi, aku menelepon Orihara-san. Aku tidak punya alasan untuk melakukannya; Aku hanya ingin mendengar suaranya. Menjadi pacar berarti itu alasan yang cukup bagus untuk saling menelepon.

“Festival sekolahku sekitar sepuluh tahun yang lalu.”

“Itu benar.”

“… Sudah sepuluh tahun. aku semakin tua ….”

“Orihara-san, tolong jangan membicarakan hal-hal yang hanya akan membuatmu merasa tertekan.” Seperti biasa, hal semacam itu adalah topik yang sensitif. “Um, jadi … kau boleh ikut kan, Orihara-san?”

“Ya. Ini adalah hari libur normal untukku.”

Festival sekolah tahun ini diadakan pada hari Sabtu ini, dan Orihara-san biasanya libur pada hari Sabtu dan Minggu. Dia biasanya tidak terlihat seperti itu, tapi kenyataannya Orihara-san adalah wanita karier elite yang bekerja di posisi luar biasa di sebuah perusahaan bergengsi.

… Sangat tidak sopan untuk mengawali pernyataanku dengan “Dia biasanya tidak terlihat seperti itu.” Anggap saja aku tidak mengatakan itu dan berkata, “Dia tampak seperti dan memberikan kesan sebagai wanita karier yang hebat.”

“Aku senang. Aku selalu ingin melihat seperti apa SMA-mu setidaknya sekali. Sulit bagi orang luar untuk memasuki halaman sekolah tanpa kesempatan seperti ini,” kata Orihara-san, terdengar sangat gembira. “Kelasmu akan membuat mie soba, bukan?”

“Yap. Yang klasik di antara yang klasik.”

“Baiklah, kalau begitu aku pergi dengan perut kosong. Aku tak sabar untuk melihat kau beraksi.”

“T-Tolong jangan naikkan standarnya. Ini sebenarnya hanya mie soba biasa. Selain itu, aku bukan tipe orang yang terlalu aktif selama festival sekolah dan sebagainya.” Aku selalu tidak mencolok di kelasku, dan aku bangga mengatakan bahwa aku juga tidak akan menonjol di festival sekolah. Aku hanya melakukan apa yang diperintahkan padaku, dan mungkin aku akan melakukan hal yang sama pada hari festival.

“Sudah kubilang sebelumnya, tapi kelasku bukanlah tipe orang yang bekerja terlalu keras pada acara seperti ini ….”

“Aku dengar kau mengatakan itu, tapi itu kamu, Momota-kun, jadi aku benar-benar berpikir kau menyatukan kelasmu yang tidak termotivasi dan membuat mereka bersemangat dengan mengatakan sesuatu seperti ‘Kau hanya mendapat satu kesempatan di masa muda, jadi mari nikmati sepenuhnya!’“

“… Menurutmu aku ini siapa?” Anehnya, penilaiannya terhadapku sangat tinggi. Yah, Orihara-san tidak tahu bagaimana keadaanku biasanya. Di sekolah, aku hanyalah siswa biasa, dan aku termasuk golongan menengah ke bawah dalam hal popularitas.

“Aku hanyalah seorang pria yang dimanfaatkan oleh para gadis untuk mendekorasi tempat-tempat tinggi.”

“Kau tinggi, Momota-kun. Tapi … itu membuatku sedikit khawatir.”

“Hah? Kenapa?”

“Maksudku … kalau kau membantu gadis-gadis itu seperti itu, beberapa dari mereka mungkin akan jatuh cinta padamu, tahu?”

“Apa yang kau bicarakan? Tidak ada gadis seperti itu.”

“Tapi saat aku memintamu mengambilkan sesuatu untukku dari tempat tinggi, aku merasa berdebar-debar.”

“… Hah? O-Oh … Terima kasih.”

“S-Sama-sama.”

“…”

“…”

Percakapan apa ini?! Kami bertingkah lugu seolah-olah kami baru saja mulai berkencan, padahal kami sudah berpacaran selama setengah tahun!

“Y-Yah, aku menantikan festival sekolah,” Orihara-san berkata seolah dia sedang mencoba untuk mengubah keadaan. “Ini akan menjadi festival sekolah pertamaku di mana mereka mengizinkan orang luar masuk. Aku cukup tertarik untuk melihat seperti apa rasanya.”

“Benarkah?”

“Festival sekolahku tidak seperti itu. Setiap tahun, kami bergilir antara festival teater di mana setiap kelas menampilkan tema yang mereka putuskan dan festival paduan suara di mana setiap kelas menyanyikan lagu tema.”

“Oh begitu.” SMA tempat Orihara-san bersekolah adalah SMA Putri Tourin, sebuah sekolah swasta khusus perempuan. Sekolah mereka adalah salah satu SMA khusus perempuan paling bergengsi di prefektur, dan festival mereka sangat elegan.

“Aku juga ingin bertemu Ura-kun dan Kana-kun lagi setelah sekian lama. Tanpa kesempatan seperti ini, aku tidak bisa melihatnya.”

“Mereka berdua adalah perwakilan kelas, jadi mereka memberikan lebih banyak pekerjaan untuk festival sekolah dibandingkan aku.”

“Sepertinya memang begitu. Aku bisa mengerti Kana-kun melakukan itu, tapi … Aku tidak menyangka Ura-kun akan menjadi perwakilan kelas juga. Oh … Itu tidak sopan sekali, kan?”

“Tidak apa-apa. Aku memikirkan hal yang persis sama.” Aku tidak bisa menahan tawa. “Yah … kupikir Ura akhirnya sedikit move on.”

Tentu saja, aku tidak pernah berpikir buruk tentang Ura. Meskipun di kalangan introvert sudah diterima secara luas bahwa dia adalah seorang introvert, namun setiap orang mempunyai cara hidupnya masing-masing. Aku rasa sangat diskriminatif jika berasumsi bahwa introvert tidak bahagia dan sengsara dan mengasihani mereka karenanya. Namun, aku tahu bagaimana keadaan Ura dahulu kala. Dia adalah seorang anak laki-laki yang cerdas dan lincah yang selalu memimpin di tengah-tengah kelasnya. Bukannya aku benci keadaan Ura sekarang atau aku ingin dia berubah … tapi saat aku melihatnya semakin dekat dengan dirinya yang dulu, aku merasa sedikit lega. Aku tidak tahu apakah alasannya karena perasaannya terhadap Ibusuki atau apa, tapi apa pun itu, menurutku itu bukan hal yang buruk.

“… Kau seperti ibu Ura-kun, Momota-kun.”

“Oof …” Akhirnya, bahkan Orihara-san memukulku dengan kalimat itu. Aku tidak mengerti. Kupikir aku baru saja memperlakukannya seperti teman normal.

Saat kami melanjutkan panggilan telepon, hari sudah larut.

“Baiklah, sampai jumpa pada hari Sabtu.”

“Oke. Saat kau sampai di sekolah, hubungi saja aku, dan aku akan menjemputmu.”

“Terima kasih. Aku akan bersiap,” kata Orihara-san, dan panggilan telepon berakhir.

“… Siap?” Apa maksudnya dengan “siap”? Apa maksudnya dia akan berdandan? Hmm? “Yah, terserah.”

Aku sedikit khawatir dengan perkataan terakhir Orihara-san, tapi aku tidak terlalu memikirkannya.

Ternyata, aku akan sangat menyesali keputusan ini pada hari festival, dan aku akan tersiksa oleh penyesalan karena tidak melanjutkannya lebih jauh. Meski begitu, hal itu mungkin tidak bisa dihindari; Tepat sebelum festival, sebuah kejadian mengerikan akan terjadi yang membuatku melupakan semua perkataannya.

Aku mengetahui kejadian itu tiga hari sebelum festival sekolah.

Dengan semakin dekatnya festival, setiap kelas sedang dalam tahap akhir persiapan. Lorong-lorong dipenuhi dengan persiapan semua orang yang keluar dari ruang kelas, dan sebagian besar kelas memiliki siswa yang tinggal setelah sekolah untuk membuat penyesuaian akhir pada dekorasi mereka atau melakukan latihan.

Aku bisa merasakan suasana sebelum festival saat aku berjalan menyusuri lorong. Karena sudah jam makan siang, aku pergi ke kelas Ura untuk mengajaknya makan siang bersamaku seperti yang selalu kulakukan. Namun ….

“Hah?” Dia tidak ada di sana.

“…?” Aku melihat sekeliling kelas, tapi aku tidak melihatnya.

Hmm? Itu aneh. Kana terkadang makan siang bersama Uomi atau teman-temannya yang lain, tapi selama Ura tidak ada urusan, dia hampir selalu menghabiskan makan siang bersamaku.

Mungkin dia memang punya sesuatu yang perlu dia lakukan? Dia cukup sibuk sejak dia menjadi perwakilan kelasnya, dan bukan hal yang aneh jika dia ada pekerjaan yang harus diselesaikan saat makan siang …. Tetap saja, jika itu masalahnya, Ura pasti sudah memberitahuku tentang hal itu sebelumnya.

Baiklah. Aku akan menghubunginya saja.

Aku tidak ingin mengeluarkan ponselku begitu saja di lorong, jadi aku memutuskan untuk menghubunginya setelah aku pergi ke ruang kelas yang biasanya kosong. Namun, saat aku mulai menuju ke sana, seseorang memanggilku.

“Hei, Momo!” Itu Kana, dan dia berlari ke arahku.

“Oh, hei, Kana. Ada apa? Kenapa kau begitu terburu-buru?”

“Ada masalah …. Baru saja, seorang gadis dari kelas Ura berbicara kepadaku …” Kana terlihat sangat panik. “Dia bilang … Ura tidak datang ke sekolah hari ini.”

Post a Comment

0 Comments