Choppiri Toshiue Jilid 6 Bab 1

Aku sudah bermimpi sejak lama, dan itu membebani pikiranku. Aku memimpikan suatu saat aku bersama Ura dan Kana—dan juga bersama Ryu. Dalam mimpi itu, kami berempat tertawa bersama. Itu adalah kenangan yang tak tergantikan dan mempesona sejak aku masih SMP.

“….” Aku bangun dari tempat tidur dan mengenakan pakaian.

Ini aneh. Sudah lama sekali aku tidak bermimpi tentang hari-hari itu. Aku bahkan hampir tidak bisa mengingatnya lagi. Aku mendesah kecil. Mungkin karena aku masih ngantuk, atau mungkin karena mimpiku, tapi saat aku keluar kamar, kepalaku terasa agak berat.

Saat aku berjalan ke bawah sambil menahan kuap, aku bertemu dengan seorang wanita yang mengenakan celemek. Aku terdiam sesaat karena aku masih tidak yakin harus memanggil apa orang ini. Rasanya aneh jika tiba-tiba mengubah caraku memanggilnya, jadi aku akhirnya memanggilnya dengan sebutan yang kuucapkan sebelumnya, tapi ….

“Selamat pagi, Kaoru-kun,” katanya, menyapaku sebelum aku sempat menyapanya. Senyuman lembutnya sangat mirip dengan senyuman orang yang kucintai.

“Selamat pagi, Kisaki-san,” kataku. Pada akhirnya, aku memanggilnya “Kisaki-san.” Entah kenapa, terlalu memalukan untuk memanggilnya “ibu”.

“Sarapan sudah siap, jadi aku baru saja hendak pergi dan membangunkanmu. Kalau kau tidak buru-buru makan, nanti kau terlambat ke sekolah,” katanya dengan nada yang normal-normal saja. Ketika aku tidak menjawab, dia menatapku dengan aneh. “… Apa? Kau tidak perlu khawatir.”

“Tidak, hanya saja … aku masih belum terbiasa dengan keberadaanmu di sini.”

Dia tampak bingung pada awalnya, tapi kemudian dia terkikik. “Oh ayolah. Kau masih mengatakan hal seperti itu? Sudah seminggu sejak aku mulai tinggal di sini.”

“Itu benar, tapi ….”

“Kalau kita bicara soal membiasakan diri, jalanku masih panjang. Aku tidak tahu di mana semuanya disimpan, dan aku tidak bisa menguasai penggunaan mesin cuci dan pengering. Lagipula … kau tidak mengizinkanku mencuci celana dalammu, Kaoru-kun.”

“Tidak, itu hanya … maksudku … kau tahu?”

“Tapi nanti repot mencuci celana dalammu sendiri, kan? Belum lagi membuang-buang uang untuk membeli deterjen dan tagihan air.”

“Aku mengerti, tapi ….”

“Huh … Ya ampun. Sungguh berat menjadi seorang ibu dengan anak laki-laki yang sedang melewati masa pubertas,” kata Kisaki-san bercanda.

Apa karena pubertas? Apa karena hal ini?

Bagaimanapun, aku tidak ingin Kisaki-san mencuci celana dalamku. Hal ini sebagian karena memalukan, tapi juga karena dia bukan hanya ibu baruku, dia adalah kakak pacarku. Aku tidak yakin aku nyaman membiarkan dia mencuci pakaian dalam yang bahkan pacarku belum mencucinya.

“Hehe. Baiklah. Cepat cuci mukamu,” katanya sambil kembali ke dapur. Untuk beberapa alasan, dia energik dan memiliki ekspresi sangat puas di wajahnya.

Orihara Kisaki adalah kakak dari pacarku yang sedikit lebih tua, Orihara Hime. Dia berumur tiga puluh empat tahun dan sudah bercerai. Aku pernah bertemu dengannya beberapa kali sebelumnya, tapi beberapa hari yang lalu aku mengetahui bahwa dia berkencan dengan ayahku. Terlebih lagi, dia rupanya sudah mengandung adik baruku.

Ayahku dengan keras kepala bersikeras bahwa ini bukan situasi seperti kawin tembak dan bahwa dia tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan, tapi aku sudah mendengar kebenarannya dari Kisaki-san. Rupanya, ketika dia berusaha sekuat tenaga pada ayahku untuk menghindari kesempatan itu hilang darinya, ayahku menyerah padanya. Selain itu, kalau dilihat dari waktu kejadiannya, sepertinya dia sudah hamil saat pertama kali mereka bertemu. Ayolah, Ayah, umurmu hampir empat puluh ….

Aku punya perasaan yang rumit tentang hal itu, tapi tidak diragukan lagi itu adalah peristiwa yang membahagiakan. Namun, karena kejadian yang sulit dipercaya yaitu kakak perempuan pacarku menikah dengan ayahku, Kisaki-san mengetahui rahasia yang Orihara-san dan aku rahasiakan tentang hubungan kami. Akibatnya terjadi sedikit keributan, namun entah bagaimana semuanya telah tenang. Kisaki-san belum sepenuhnya melepaskan kami, tapi semuanya berjalan baik, dan kami mendapatkan persetujuan diam-diam darinya.

Setelah bulan September yang penuh gejolak, sekarang adalah minggu pertama bulan Oktober. Ayahku dan Kisaki-san telah mendaftarkan pernikahan mereka pada akhir bulan lalu. Karena mereka berdua pernah menikah sebelumnya, mereka ragu-ragu tentang bagaimana menangani pernikahan tersebut; sejauh ini, mereka baru membicarakan tentang pernikahan keluarga setelah anak mereka lahir.

Kini setelah mereka resmi menikah dan Kisaki-san resmi menjadi ibu tiriku, dia sudah tinggal di rumah ini sejak awal Oktober. Aku tahu pasti ada banyak hal yang sulit dan membuat stres karena tinggal di lingkungan asing saat dia hamil, jadi itulah mengapa kami sebagai keluarga harus melakukan segala daya untuk mendukungnya. Bagaimanapun, itulah tekad kami untuk melakukannya … tapi dia melakukan pekerjaan yang luar biasa sebagai ibu rumah tangga, dan dia menangani tugas-tugas rumah tangga dan memasak dengan sangat baik.

“Jadi, Momota-kun. Kau mau makan nasi? Kau mau makan roti? Atau mungkin … kau mau makan mie soba?” tanya Kisaki-san dengan gembira.

Dia bertingkah seperti pengantin baru. Maksudku, dia baru saja menikah.

“Omong-omong, kau harus mengambil rotinya sendiri, dan mie soba hanyalah mie instan yang kita simpan.”

Tampaknya hanya ada satu pilihan nyata. Maksudku, dia sudah menyiapkan ikan bakar di meja makan.

“… Aku nasi saja.”

Oke, itu nasi! Saat aku duduk di meja, Kisaki-san menyiapkan nasi dan sup miso untukku. Aku menyatukan tanganku, mengucap syukur, dan mulai makan.

“Bagaimana rasanya?”

“Sangat lezat.”

“Benarkah? Kau tidak berpikir sesuatu seperti ‘Masakan Hime terasa lebih enak,’ kan?” katanya dengan ekspresi main-main.

“Tidak,” jawabku sambil tersenyum masam.

Astaga … kau tidak perlu menggodaku hanya karena tidak ada orang lain di sekitar.

“Omong-omong, di mana Ayah?”

“Dia sudah makan dan pergi ke klinik.”

“Dan kakakku?”

“Kupikir dia masih tidur.”

“Jadi begitu.”

“Aku ingin tahu apakah aku akhirnya harus membangunkannya?”

“Tidak, menurutku tidak apa-apa. Cukup mengejutkan, dia bukan tipe orang yang suka tidur berlebihan, jadi menurutku dia hanya tidur karena tidak ada urusan.”

“Benarkah? Baiklah kalau begitu.”

“… Um, Kisaki-san?” Aku meletakkan sumpitku. “Hanya saja … tolong jangan memaksakan dirimu terlalu keras.”

“Apa?”

“Kisaki-san, sejak kau mulai tinggal di rumah kami, kau bangun pagi-pagi setiap hari untuk membuatkan kami sarapan, dan kau telah bekerja sangat keras melakukan pekerjaan rumah dan sebagainya …. Tentu saja, aku sangat bahagia dan bersyukur, tapi aku khawatir kami membuatmu bekerja terlalu keras.”

“….”

“Pasti sulit hidup di lingkungan yang tidak biasa kaujalani. Selain itu, saat ini bukan lagi hanya tubuhmu saja. Kupikir kau harus melakukannya dengan lebih mudah. Kami semua akan makan sendiri di pagi hari, jadi tidak apa-apa jika kau tidur di ….”

“Kau baik sekali, Kaoru-kun,” kata Kisaki-san sambil tersenyum lembut. “Terima kasih telah mengkhawatirkanku. Tapi tidak apa-apa, aku tidak memaksakan diri. Aku hanya melakukan apa yang aku bisa.”

“Benarkah?”

“Benar. Mual di pagi hariku sudah mereda, dan akhir-akhir ini aku merasa baikan. Ditambah lagi, diam saja juga tidak baik untukku.”

“Yah, selama kau baik-baik saja.”

“Shigeru-san juga sangat perhatian padaku. Di sisi lain, Kaede-chan tidak mengkhawatirkan hal-hal semacam itu dan hanya berterus terang, dan itu melegakan dengan caranya sendiri. Semuanya menyenangkan, jadi aku baik-baik saja.”

“….”

“Lagipula, kau tidak perlu khawatir. Aku tidak akan mencoba berpura-pura di depanmu. Itu akan menjadi konyol. Lagipula, cita-citaku untuk menjadi ibu tiri idaman putraku telah terbakar beberapa waktu yang lalu …” Kisaki-san berkata dengan nada mengejek diri sendiri sambil senyumannya sedikit berkedut.

“Ha ha ha …” Yang bisa kulakukan hanyalah tertawa. Banyak hal yang telah terjadi. Aku sudah bertemu dengannya beberapa kali sebelum aku tahu dia akan menjadi ibu baruku, dan dia mengira aku berumur dua puluh lima tahun, jadi ya, banyak hal yang benar-benar terjadi—dan sebagian besar adalah hubungan seksual. alam. Bagaimanapun juga, Kisaki-san sangat terbuka padaku, jadi aku bisa mengerti kenapa dia merasa konyol jika bersikap terbuka padaku.

“Awalnya aku memperlakukanmu seperti calon adik iparku, tapi siapa sangka sebelumnya kau akan menjadi anak tiriku? Benar-benar tidak ada cara untuk mengetahui apa yang akan terjadi dalam hidupmu.”

“Aku mendengarnya.” Aku sangat setuju. Tidak mungkin aku bisa meramalkan bahwa kakak pacarku akan menjadi ibu tiriku ….

“Yah, itulah mengapa hidup ini sangat menarik,” Kisaki-san berkata dengan suara tegas dan jelas, seolah dia sedang menyelesaikan semuanya. “Seperti kataku, aku tidak akan memaksakan diri untuk bertindak seperti seorang ibu sekarang. Kau sudah menjadi siswa SMA, Kaoru-kun, dan Kaede-chan sudah dewasa. Jika kalian berdua masih sedikit lebih muda, aku mungkin akan mengambil peran sebagai ibumu, tapi sejujurnya, melakukan itu sekarang hanya akan menjengkelkan, bukan?”

“Ya, itu benar,” aku mengangguk sambil menyeringai.

Itu adalah percakapan yang jujur. Ketika aku masih kecil, aku memiliki perasaan seperti itu. Bohong jika kukatakan bahwa aku tidak merasa frustrasi kala itu: Aku tidak punya ibu, dan aku menginginkan ibu baru. Namun, sekarang setelah aku menjadi siswa SMA, perasaan itu sudah memudar.

“Jadi, mari berterus terang satu sama lain, Kaoru-kun,” kata Kisaki-san. “Lagipula, kita berdua punya rahasia yang tidak bisa kita ceritakan pada Shigeru-san …. Mari kita saling membantu dan mengandalkan satu sama lain ketika kita berada dalam masalah, tanpa khawatir mencoba membuat hubungan kita menjadi sesuatu yang tidak seharusnya. Mari kita mendekati satu sama lain secara setara, bukan sebagai orangtua dan anak.”

“Itulah cara terbaik untuk melakukannya, ya?”

Sejujurnya, aku menghargai betapa lugasnya dia. Aku senang dia bisa menatap mataku dan melakukan percakapan dua arah alih-alih harus bersikap superior.

Memperlakukan satu sama lain secara setara alih-alih menjalin hubungan orangtua-anak terasa sedikit sepi, tapi menurutku ini hanyalah salah satu bentuk yang bisa diambil oleh sebuah keluarga. Jika kami tiba-tiba mencoba memperlakukan satu sama lain seperti orangtua dan anak, kami hanya akan meminta terlalu banyak, dan bahkan hubungan kami akan menjadi dangkal. Jadi, untuk saat ini, aku senang dengan hubungan bisnis yang ketat seperti ini.

Kisaki-san memasang ekspresi nakal di wajahnya. “Tapi kalau kau ingin memanggilku ‘ibu’, kau bisa langsung saja, tahu?”

“… Kalau aku menginginkannya.” Aku membuang muka, merasa agak malu.

“Hehehe. Aww, lihatlah kau malu,” Kisaki-san terkikik.

Orihara Kisaki—yang sekarang bernama Momota Kisaki—adalah kakak perempuan pacarku dan istri baru ayahku. Bagiku, dia adalah kenalan yang cukup menarik, karena dia adalah ibu tiriku dan mungkin akan menjadi kakak iparku. Awalnya aku tidak tahu bagaimana keadaannya nanti, tapi sekarang aku merasa segalanya bisa berjalan lebih baik dari perkiraanku.

“… Oh. Yah, itu bagus.” Suara Orihara-san terdengar cukup suram di telepon—atau mungkin lebih tepat jika dikatakan terdengar seperti dia sedang merajuk dan menahan amarahnya.

Setelah Kisaki-san mengantarku dan aku meninggalkan rumah, aku mendapat pesan dari Orihara-san. Itu hanya pesan sederhana yang mengucapkan selamat pagi padaku, tapi saat aku menjelaskan apa yang terjadi saat sarapan, suasana hatinya menjadi semakin aneh. Karena dia masih di apartemennya, aku meneleponnya setelah aku turun dari kereta. Aku mencoba berbicara dengannya, tapi itu justru meningkatkan suasana hatinya yang buruk.

“A-ada apa, Orihara-san?”

“Tidak apa.”

“Ini sebenarnya bukan ‘tidak apa’, kan? Kau kesal?”

“Aku tidak kesal. Aku tidak kesal sama sekali.” Nada suaranya tajam, dan dia jelas-jelas kesal. “Aku tidak iri dengan semua sarapan kecilmu yang menyenangkan bersama kakakku.”

“….” Jadi itulah alasannya. “Jadi itu sebabnya kau kesal, Orihara-san.”

“Kubilang aku tidak kesal! Hanya saja … aku mempunyai kekhawatiran yang beralasan bahwa ada sesuatu yang tidak beres.” Orihara-san terus cemberut. “Maksudku, ayolah … ini aneh, kan?! Kenapa kakakku makan dan tidur serumah dengan pacarku?!”

“…” Aku tidak bisa langsung menolaknya. Bagaimanapun, itu adalah pertanyaan yang wajar.

Tapi sungguh, kenapa semuanya menjadi seperti ini? “Yah, meskipun kami makan dan tidur di rumah yang sama, kakak dan ayahku ada di sini bersama kami, jadi ….”

“Aku tahu, tapi … akhir-akhir ini kau memakan masakan kakakku setiap hari, bukan?”

“Yah, begitulah.”

“Kau akan memakan masakannya lebih sering daripada masakanku, bukan?”

“Yah ….” Aku baru saja memakan masakan Orihara-san beberapa kali, dan jika terus begini, aku akan segera melampauinya. Toh, akhir-akhir ini aku memakan masakan Kisaki-san untuk sarapan dan makan malam.

“Lalu, kau sudah melihat kakakku lebih sering daripada kau melihatku, kan?”

“… Ya, itulah masalahnya.” Maksudku, kami memang hidup bersama. Kecuali salah satu dari kami mencoba menghindarinya, kami akan tetap bertemu, apa pun yang terjadi.

“Astaga … bagaimana jadinya seperti ini?”

“Aku minta maaf.” Aku tidak dapat menahan diri untuk tidak meminta maaf.

“Oh, tidak, bukan seperti itu. Bukannya aku ingin kau meminta maaf. Aku tahu memang begitulah keadaannya sekarang, dan aku paham itu bukan salahmu, Momota-kun. Faktanya, sebagai adik perempuannya, aku senang dia nyaman tinggal di rumahmu. Tapi aku tidak bisa menahan rasa iri saat memikirkan bagaimana kakakku bisa hidup serumah denganmu dan menikmati sisi dirimu yang tidak kuketahui,” katanya.

“… Ya, aku mengerti.” Aku merasa apa yang diberitahukan kepadaku agak membutuhkan, tetapi aku memahami perasaannya. Jika posisi kami dibalik, aku mungkin akan kesal juga. Aku tidak punya kakak laki-laki, tapi jika aku punya, dan dia mulai tinggal bersama Orihara-san meskipun keluarganya ada di sana … aku mungkin tidak akan bisa tetap tenang tentang hal itu.

“Selain itu, yang dilakukan kakakku hanyalah membicarakanmu, Momota-kun. Dia menyebutnya ‘laporan status’. Dia mengatakan hal-hal seperti ‘Momota-kun memuji masakanku hari ini’ atau ‘Momota-kun tidak mengizinkanku mencuci celana dalamnya. Lucu sekali bagaimana dia melewati masa pubertas.’“

“D-dia melakukan hal seperti itu?”

“Hari ini dia mengirimiku foto wajahmu saat kau sedang tidur dan membual tentang itu!”

“Dia melakukan hal seperti itu?!” Apa yang ibu tiriku lakukan?! Kenapa dia berusaha keras untuk mengganggu pacarku?!

“Dia mencoba memprovokasiku dengan pesan yang berbunyi, ‘Aku mengirimimu foto wajahnya saat dia sedang tidur. Oh, Hime, mungkinkah aku melihat wajah tidurnya sebelum kau melakukannya?’ Aku tidak tahan! Kenapa kakakku harus menggangguku seperti ini?!”

“T-tolong tenang.”

“Yah, cara dia mengatakan ‘Aku mengirimimu mail pic’ agak kuno. Itu adalah hal yang harus dilakukan oleh anak tahun delapan puluhan! Aku ingin tahu apakah anak-anak zaman sekarang tahu apa artinya itu. Nah, anak tahun sembilan puluhan sepertiku sama sekali tidak menggunakan kata ‘mail pic’ karena aku memiliki kepekaan yang muda! Aku bisa mengikuti perkembangan zaman!” Orihara-san berkata, mencoba untuk menggerami kakaknya dengan masa mudanya.

“Mail pic,” ya? Bagi orang-orang dari generasi ponsel flip, tampaknya wajar jika menyebut gambar yang kau ambil dengan ponsel sebagai “mail pic”, yang merupakan kependekan dari “picture mail”. Bahkan saat ini, orang-orang dari generasi tersebut cenderung menyebut gambar yang diambil dengan smartphone mereka sebagai “mail pics”. Menurutku, ini seperti video “Jangan sentuh tombol itu” dan “memutar ulang”, yang merupakan bahasa sisa yang berasal dari teknologi lama. Aku berasal dari generasi yang belum pernah menggunakan ponsel flip, tapi aku pernah mendengar tentang “mail pics” karena ayahku dan orang dewasa di sekitarku menggunakan istilah tersebut.

Sejujurnya … Kupikir Orihara-san terkadang mengatakan “mail pic” juga, tapi aku tidak akan membahasnya sekarang ….

“Huh … Pagiku baru saja dimulai dan kakakku sudah membuatku merasa frustrasi.” Orihara-san menghela napas panjang.

“Ini membuat frustrasi, bukan? Baiklah, aku mengerti. Lain kali kita bertemu … mari kita bermesraan hingga menghilangkan semua rasa frustrasi itu!” aku menyarankan. Aku sedikit malu, tapi aku berusaha bersikap tenang.

“….” Aku bisa mendengarnya terkesiap di ujung telepon.

Oh tidak …. Aku harus apa? Apakah aku mengacau? Apakah aku sudah menjadi tipe pacar yang mencoba menyelesaikan masalahnya dengan pacarnya hanya dengan menggoda?! Saat itu juga, aku diliputi kecemasan yang luar biasa.

“… Y-Ya, tentu saja. Mari kita bermesraan.” Orihara-san terdengar senang dan santai, dan aku merasa lega.

Untunglah. Sepertinya aku tidak membuat kesalahan sama sekali.

“Aku minta maaf karena menghabiskan pagi ini membuatmu mendengarkan aku mengeluh, Momota-kun.”

“Tidak apa-apa.”

“Terima kasih. Aku merasa jauh lebih baikan sekarang.”

“Yah, aku senang. Oh, maaf, aku akan sampai di sekolahku.” Setelah berjalan dan berbicara di smartphone-ku selama beberapa menit, aku bisa melihat pintu masuk sekolahku di seberang jalan. “Aku sebenarnya ada pertemuan dengan kelasku pagi ini, jadi aku harus tiba di sana lebih awal.”

“Pertemuan … Oh, benar. Hampir tiba, bukan?”

“Ya, benar.”

“Oke, aku akan bicara denganmu nanti. Aku juga harus berangkat kerja.”

Panggilan telepon kami selesai. Setelah aku memasukkan ponselku ke dalam tas, aku melihat ke pintu masuk sekolah lagi. Saat ini, gerbang sekolah yang seharusnya kukenali terlihat agak asing. Kayu lapis, hiasan bunga, dan peralatan lain yang akan digunakan untuk mendekorasi dan membuat pintu masuk lebih menarik perhatian berjejer di sebelahnya. Mereka belum mulai mengerjakannya, jadi kukira mereka baru saja menyiapkan segala sesuatunya.

Sudah waktunya untuk festival sekolah. Bagi sebagian besar siswa SMA, ini adalah festival yang hanya bisa mereka alami tiga kali selama karier SMA mereka, dan festival pertamaku hanya berjarak seminggu lagi.

Post a Comment

0 Comments