Futagoma Jilid 2 Bab 7

Bab 7 Mengolah Tanah …?

 

“Aku sudah melakukan penelitianku. Tempat ini aman dari pengintaian!”

Pada hari Senin setelah akhir pekan, Chikage membawanya ke depan petak bunga hydrangea yang dirawat Tachibana setelah makan siang.

“Hehehe …. Sakuto-kun, kau bermasalah karena kau tidak bisa menemukan tempat di mana kita bisa menggoda dengan tenang, kan?”

“Ah, benar.”

“Itulah mengapa aku, Usami Chikage, melakukan penelitian menyeluruh! Aku telah menunjukkan dengan tepat di mana orang-orang berkumpul tergantung pada musim dan cuaca serta di mana titik buta berada dengan sangat detail!”

“W-wow … luar biasa ….”

Sakuto bertukar pandang dengan Hikari, berpikir bahwa Chikage mungkin sedikit berlebihan, tapi Hikari hanya tertawa canggung.

“Coba lihat!”

Chikage kemudian mengeluarkan tabletnya dan menunjukkan kepada mereka peta wilayah tersebut.

Tempat yang ditandai dengan hati merah muda adalah, mungkinkah──

“Ya! Area yang diberi tanda hati ini adalah oasis kita di akademi──Aku menyebutnya ‘Lovey-Dovey Spots’! Atau singkatnya ‘Love Spots’! Ta-da!”

““Uuuugh …──””

Sakuto dan Hikari sama-sama menundukkan kepala karena cemas, tapi Chikage tidak menyadari reaksi mereka, dengan bangga memasang wajahnya dengan ekspresi penuh kemenangan.

Ya, itu benar──

Mereka bertiga sedang mencari tempat di kampus di mana mereka bisa berkumpul tanpa menonjol akhir-akhir ini. Jadi, Love Spot hari ini sepertinya ada di sini.

Sakuto dan Hikari bertukar pandangan tidak percaya setelah informasi peta dibagikan kepada mereka.

“Jadi, pada dasarnya … ini adalah tempat di mana kita bisa menggoda tanpa khawatir?”

“Tidak mungkin, bukankah itu tidak bagus? Letaknya tepat di depan petak bunga kesayangan Tachibana-sensei, jadi kita mungkin akan dikutuk ….”

Sakuto dan Hikari memutuskan untuk berterima kasih kepada Chikage, dengan kata-kata lembut seperti ‘Terima kasih’ dan ‘Wow, itu luar biasa’.

Kemudian mereka memulai diskusi hari ini setelah mendapatkan kembali ketenangannya.

“Mitsumi-san menyarankan tempat untuk perjalanan kita tadi malam.”

Sakuto berbagi perjalanan liburan musim panas dengan keduanya.

“Ketika aku menyebutkan bahwa kami belum memutuskan tujuan, dia menawarkan untuk memperkenalkan kami pada sebuah vila bagus yang terletak tepat di antara laut dan pegunungan──”

Mitsumi telah bertemu seseorang melalui pekerjaan yang memiliki sebuah vila dan mengatakan mereka boleh menggunakannya kapan saja.

Vila ini terletak di kaki gunung. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki ke laut dan juga dekat dengan jalur pegunungan.

Meski sudah lama tidak digunakan, namun tempat tersebut akan dibersihkan dan disiapkan jika mereka memberikan tanggalnya.

“──Dan ini foto-fotonya.”

Saat Sakuto menunjukkan foto vila itu kepada mereka, kedua mata mereka berbinar.

Itu wajar. Lagi pula, ruang tamunya memiliki dinding kaca di tiga sisinya yang dirancang untuk menikmati empat musim, menawarkan pemandangan laut dan pegunungan. Interiornya didekorasi secara rumit dengan furnitur yang tampak mahal.

Halaman yang luas memiliki pemanggang barbekyu dan tempat lari anjing. Jika mereka punya anjing, mereka bisa bermain bola bersama di sana.

Omong-omong, pemiliknya rupanya punya dua anjing besar.

“Tempat apa ini?! Sungguh menakjubkan!”

“Lokasi ini sempurna!”

“Aku ingin pergi ke sini!”

“Aku juga ingin pergi ke tempat ini!”

Itu adalah lokasi yang sekaligus memenuhi keinginan si kembar.

Yang terpenting, fakta bahwa mereka dapat meminjamnya secara gratis merupakan berkah bagi siswa. Selain itu, mereka diberitahu bahwa mereka dapat dengan bebas menggunakan apa pun yang tersedia di vila.

“Jadi, sudah diputuskan. Aku akan membicarakannya dengan Mitsumi-san.”

“Ah, apakah kau memberitahunya bahwa kau akan ikut dengan kami?”

“Tidak, aku belum sejauh itu …. Aku cuma bilang kalau aku akan bepergian dengan dua teman laki-lakiku──”

Tentu saja, ada rasa bersalah karena berbohong.

Namun dia juga penasaran dengan reaksi Mitsumi.

Mitsumi akan mulai menyeringai nakal setiap kali pembicaraan tentang perjalanan itu muncul, namun dia tidak akan bertanya lebih banyak tentang hal itu.

‘Mungkinkah dia tahu dengan siapa aku akan pergi?’

Pemikiran ini membuat Sakuto semakin gugup.

“Sepertinya kita melakukan sesuatu yang salah ….”

Chikage terkekeh pelan. Pemandangan seorang siswa teladan seperti dia yang tampak nakal sungguh menggetarkan hati.

“Yah, mungkin begitu ….”

Setidaknya dilema ‘laut atau gunung’ untuk perjalanan ini telah terselesaikan, namun masih ada masalah besar yang dihadapi.

“Kalau begitu, aku ada urusan dengan Tachibana-sensei, jadi aku akan pergi ke sana──”

“I-itu, Sakuto-kun!”

Hikari memanggil untuk menghentikannya.

“Ah? Ada apa?”

“… Tidak, sudahlah. Hati-hati di jalan.”

Sakuto pergi dengan senyuman Hikari, tapi dia akhirnya bertanya-tanya apa yang ingin dia katakan saat dia pergi.

* * *

Setibanya di tempat Tachibana, Sakuto dengan cepat dipandu ke ruang konsultasi di dalam ruang staf.

Seperti biasa, mereka duduk berhadapan di meja rendah, dan Tachibana segera membuka mulutnya.

“Sepertinya kau telah membantu Klub Surat Kabar. Aku menghargainya.”

“Yah, entah kenapa itu terjadi begitu saja, dan ada juga saran dari Anda, Tachibana-sensei …. Tetap saja, aku tidak menyangka akan seburuk itu.”

Sakuto melotot tajam, dan Tachibana membalasnya dengan senyuman masam.

“Pada akhirnya, apa yang Anda ingin aku lakukan dengan Klub Surat Kabar, sensei?”

“Yah, yang kuinginkan darimu adalah mengolah tanah. Dengan kata lain, untuk menciptakan tempat di mana kau berada.”

“Untukku?”

Rasanya aneh untuk mengatakannya.

Lagi pula, dia belum pernah mendapatkan tempat untuk dirinya sendiri di sekolah. Hal semacam itu akan lebih cocok untuk seseorang yang menonjol dan merupakan pemimpin alami.

Setidaknya, jika Tachibana melihat latar belakangnya hingga SMP, tidak aneh baginya untuk memahami hal itu. Itu jelas bukan perannya.

Namun, Tachibana melanjutkan dengan anggukan sambil tersenyum.

“Aku yakin kegiatan klub bisa menjadi wadah lain untuk memiliki. Bahkan siswa yang merasa tercekik di dalam kelas dapat menemukan ruang kedua di mana mereka merasa nyaman.”

“Aku mengerti, tapi ada juga orang yang merasa tercekik dengan aktivitas klub, kan?”

“Aku mengerti maksudmu. Tapi tidak seperti ruang kelas, kau bisa keluar dari kelas jika tidak cocok untukmu. Jika klub baru itu cocok, tidak apa-apa, dan jika kegiatan klub bukan untukmu, maka menjadi anggota klub ‘pulang’ juga tidak masalah.”

“Klub pulang bukanlah aktivitas klub ….”

Tachibana terkekeh dan berkata, “Yah, menurutku.”

“Idealnya, alangkah baiknya jika tempat tersebut bisa menjadi tempat berlindung bagi siswa atau menjadi katalisator pengembangan diri. Mengalami hubungan hierarkis sangatlah berharga. Ini adalah tempat sempurna untuk bertemu seseorang yang berbeda darimu, berbagi tujuan, bersukacita bersama, atau mungkin berduka bersama, dan belajar empati terhadap orang lain. Menurutku, itulah arti dari aktivitas klub.”

“Jadi begitu”

Sakuto mengerti.

“Aku mengerti ideal Anda, Sensei. Apa pendapat Anda tentang Klub Surat Kabar?”

“Ketua klub, Uehara Ayaka, baik hati namun penakut, dan pada tahap ini, dia belum cukup kuat untuk menyatukan anggota unik lainnya. Wakil ketua, Kousaka Matori, memiliki kepribadian yang liar, dan Higashino Wakana tahun pertama adalah orang yang serius namun tidak fleksibel.”

Sakuto memikirkan tingkah laku mereka bertiga dan tidak bisa menahan senyum kecut.

“Intinya, klub ini rapuh. Tidak mengherankan jika itu runtuh kapan saja.”

“Aku bisa melihatnya.”

“Lalu ada Usami Hikari. Dia menyusahkan dengan caranya sendiri. Dia hampir tidak pernah mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya.”

“Ah ….”

Sebagai seseorang yang telah menjalin hubungan dengan Hikari, Sakuto yakin dia telah beberapa kali menyentuh perasaan sebenarnya.

Tentu saja mungkin sulit bagi orang lain untuk memahaminya.

Namun, alasan dia tidak mengungkapkan perasaannya yang sebenarnya adalah masalah hubungan, dan dia tidak pernah merasakan kesulitan seperti yang dibayangkan Tachibana.

Dia selalu tersenyum, menyendiri, berjiwa bebas, lincah, namun dia kadang-kadang melihatnya sedih atau bermasalah, tapi dia tidak pernah sekalipun menganggapnya mengganggu.

Kasih sayang fisiknya yang sering dan terkadang perilakunya yang tidak terduga mungkin memang merepotkan, tapi──

“Yah, sepertinya dia sudah punya tempat bersamamu.”

“Apa …?”

“Sudahlah, ayo kembali ke topik. Jadi, kita telah mengumpulkan empat individu unik ini, namun pada akhirnya, Klub Surat Kabar kekurangan seseorang yang dapat mengambil inisiatif. Aku tidak bisa mengatakan ini kepada Uehara Ayaka, tapi Klub Surat Kabar seperti sekarang ini hampir tidak bersatu sama sekali.”

“Maksud Anda klub perlu mengembangkan seorang pemimpin?”

Tachibana menjawab, ‘Itu sebagian, tapi’.

“Sudah kubilang yang penting tanah (pondasi)-nya, kan?”

“Ya, baiklah ….”

“Arah klub secara keseluruhan, yakni bisa rukun dengan baik jika keempatnya punya tujuan bersama yang jelas. Ini adalah keyakinan pribadiku, tetapi sesuatu yang disebut organisasi tidak akan bergerak tanpa seorang pemimpin, itu tidak baik. Segala sesuatunya akan bergerak dan tidak menyimpang dari arahnya jika kita menempatkan orang-orang yang tepat pada posisi yang tepat sesuai dengan kepribadian dan kemampuan masing-masing individu.”

Tampaknya masuk akal, tetapi Sakuto belum yakin.

“… Bukankah peran pemimpinlah yang menentukan arah itu?”

“Lalu, siapa yang memutuskan arah Klub Surat Kabar saat ini?”

“Siapa … ah ….”

Sakuto menyadari bahwa itu tidak lain adalah dirinya sendiri.

Namun, dia tidak punya ingatan atau niat untuk mengambil kepemimpinan.

Dia hanya memberikan beberapa komentar dari pinggir lapangan.

“Mungkin orang seperti kau sebaiknya disebut konsultan. Berkatmu, aku menilai Klub Surat Kabar saat ini bergerak ke arah yang baik. Memang benar, aku pernah melihat para siswa Klub Surat Kabar melakukan wawancara dengan antusias. Mereka kembali ke keadaan semula.”

“Tidak, itu ….”

Tujuan Sakuto bukanlah untuk membangun kembali Klub Surat Kabar tetapi untuk melindungi rahasia ketiganya.

Itu bersifat pribadi, tetapi membantu Klub Surat Kabar hanya sekedar insidental.

“Apa pun alasannya, pengaruhmu terhadap Klub Surat Kabar sangatlah signifikan. Tanah sekarang berada dalam kondisi di mana kau dapat memanipulasinya sesukamu. Itu bisa diwarnai merah muda atau biru. Oleh karena itu, menurutku tanggung jawab ada padamu. Bagaimana menurutmu?”

Sakuto menghela napas.

“… Aku tidak ingin mengambil tanggung jawab seperti itu, dan aku hanya akan bekerja sama selama sisa liburan musim panas, hanya sepuluh hari lagi.”

“Itu sudah cukup. Aku puas mendengar kata-kata yang meyakinkan seperti itu.”

Tachibana tersenyum, tapi itu mungkin sarkasme.

“Kalau begitu, bagaimana dengan penasihatnya? Siapa lagi yang menjadi penasihat Klub Surat Kabar?”

“Itu Yoshinaga-sensei, yang sedang cuti hamil. Asisten penasihatnya adalah Nakamura-sensei dari klub seni, tapi dia terlalu sibuk dengan klub seni.”

“Lalu kenapa Anda tidak mengambil alih, Tachibana-sensei?”

Kemudian Tachibana tersenyum.

“Aku juga sibuk. Lagi pula, apakah kau sudah lupa? Itu karena kau dan Usami bersaudari mendapat posisi teratas di kelas kita sehingga aku punya lebih banyak pekerjaan dengan proyek gabungan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. karena itu, aku mempercayakan urusan Klub Surat Kabar kepadamu dan Usami bersaudari. Sisanya terserah kau untuk bekerja keras.”

“Ini cukup mudah …. Sebaliknya, aku sebenarnya tidak menyukai pendekatan itu.”

Sambil berpikir bahwa apa pun yang dia katakan mungkin akan sia-sia, Sakuto berdiri.

“Omong-omong, Takayashiki, apakah kau sudah memahami bahwa ketika tanah diolah, suatu tempat akan muncul?”

“Yah, aku sudah memahami sekitar setengahnya ….”

“Apa yang kau lakukan adalah demi Usami Hikari.”

“Ya …?”

“Ini bukan hanya demi Usami Chikage. Jangan lupakan itu.”

Mengatakan ini, Tachibana membiarkan sedikit senyuman terlihat di bibirnya sekali lagi.

“Jadi … kau pilih yang mana, biru atau merah muda?”

Setelah merenungkan arti kata-kata itu, Sakuto mengerutkan alisnya.

“… Apakah aku benar-benar orang yang harus memilih?”

Saat Tachibana hendak mengatakan sesuatu, bel berbunyi.

“Ups, aku harus bersiap untuk kelas. Mohon jaga Klub Surat Kabar dengan baik.”

“… Kalau begitu, permisi dulu.”

Sakuto membungkuk dan kembali ke kelas sambil merasa agak tidak puas.

* * *

Sepulang sekolah, pertemuan terakhir sebelum ujian berlangsung di ruang Klub Surat Kabar.

“Kita akan berkumpul kembali sepulang sekolah pada hari Jumat. Semuanya, tolong lakukan yang terbaik.”

Mengumumkan ketua klub Ayaka dengan nada lembut mengingatkan pada seorang guru sekolah dasar sebelum membubarkan pertemuan.

──Dan begitu.

Orang yang meninggalkan ruang klub adalah trio siswa tahun pertama: Sakuto, Hikari, dan Wakana. Siswa tahun kedua, Ayaka dan Matori, tetap tinggal di ruang klub, mengatakan mereka akan belajar bersama.

Saat mereka bertiga menuju pintu masuk, Wakana menghela napas sepanjang jalan──

“Aku mendapat sedikit masalah dengan final semester ini ….”

“Begitukah?”

“Aku harus pulang dan belajar, huh ….”

“Benar ….”

Tanggapan Hikari agak acuh tak acuh.

Wakana sepertinya tidak menyadarinya, tapi Sakuto, yang mendengarkan percakapan dari samping, merasakan ketidaknyamanan.

Berbeda dengan saat Hikari berbicara dengannya atau Chikage. Percakapan tampak mekanis, jalan satu arah dari Wakana tanpa melibatkan emosi dari Hikari.

Hikari tersenyum, tapi responsnya biasa-biasa saja seolah-olah dia telah membangun tembok di sekeliling dirinya.

“Hah, itu mengejutkan.”

Sakuto menimpali.

“Aku mendapat kesan bahwa kau akan pandai belajar, Higashino-san.”

“Aku baru saja lulus ujian internal, tahu ….”

Ujian internal diperuntukkan bagi siswa yang berpindah dari divisi SMP ke SMA dalam satu sekolah.

Namun isi dan jadwal ujiannya sama dengan siswa eksternal.

Ini berarti dia mengikuti ujian pada tingkat yang sama persis dengan siswa eksternal seperti Sakuto dan Usami bersaudari dan nyaris tidak lulus untuk masuk ke bagian sekolah menengah atas Akademi Arisuyama.

“Hah, itu tidak terduga. Jadi Higashino-san, kau siswa internal?”

“Iya, percaya atau tidak, aku sudah di sini sejak TK, siswa internal yang bonafid. Omong-omong, Ayaka-senpai dan Matori-senpai mengambil rute yang sama.”

“Meski begitu, kau sebenarnya melakukan percakapan yang baik dengan kami, siswa eksternal, ya?”

“Tentu saja. Benar-benar tidak perlu membeda-bedakan ──Yah, ada beberapa orang yang memberikan kesan seperti itu. Tahukah kau, suasana seperti itu? Sudah ada sejak SMP.”

Wakana menunjukkan sedikit ekspresi jijik di wajahnya.

Dia tampaknya adalah seseorang yang tidak terpengaruh oleh suasana seperti itu, yang menenteramkan dan entah bagaimana menghibur.

“Tetap saja, Akademi Arisuyama utamanya tentang belajar, kan? Pada akhirnya, semuanya tergantung pada apakah kau bisa belajar atau tidak. Hirarki yang muncul dari hal tersebut menciptakan hambatan yang tidak perlu antara siswa internal dan eksternal. Secara pribadi, menurutku hal semacam itu membosankan.”

“Hah, aku tidak tahu kau berpikir seperti itu, Higashino-san──Bagaimana denganmu, Hikari? Bagaimana menurutmu?”

“Aku tidak tahu banyak tentang hal itu. Aku bahkan tidak tertarik dengan di mana ini atau semacamnya ….”

Jawab Hikari sambil tersenyum masam.

Seperti yang diharapkan, Hikari tampak tidak terikat. Dia tampak tidak bersemangat untuk mendalami pemikiran Wakana lebih dalam.

Mungkin dia ingin menjaga jarak karena dia tahu terlalu banyak.

“Tapi suasananya … apa kau tidak merasakannya, Hikari?”

Sejak dia meraih juara pertama tes kecakapan bulan Juni, suasana yang disebutkan Wakana tampak semakin memanas.

Siswa internal berbisik satu sama lain sambil melihat mereka, dan siswa eksternal masih ragu apakah akan berinteraksi atau hanya mengamati situasi.

Hikari mungkin merasakannya juga, tapi dia menghindari pertanyaan itu.

“Aku … tidak begitu mengerti semua itu.”

Dia berkata dengan mengelak.

Sakuto memutuskan yang terbaik adalah mengganti topik pembicaraan, merasa percakapan tidak akan berlanjut lebih jauh.

“Omong-omong, kenapa kau bergabung dengan Klub Surat Kabar, Higashino-san?”

“Eh? Sebenarnya, aku sudah ingin bergabung sejak SMP.”

Kata Wakana dengan mata menyipit karena nostalgia.

“Aku membaca koran sekolah yang didistribusikan oleh divisi SMA ketika aku berada di tahun kedua. Saat itu, mereka telah memenangkan penghargaan besar di kompetisi nasional, dan kupikir aku ingin membuat surat kabar seperti itu.”

Memang benar, dua tahun lalu ada prestasi signifikan, “Asada Newspaper Award”.

Klub itu berkembang pesat kala itu, tapi sekarang klub itu sudah tidak lagi seperti dulu karena berbagai alasan──

“Pada akhirnya, aku satu-satunya yang ingin bergabung di tahun pertamaku. Kupikir itu dalam bahaya, jadi aku mencoba yang terbaik untuk mendapatkan tahun pertama untuk bergabung.”

“Dan itu sebabnya kau memilihku?”

“Ya. Awalnya aku hanya ingin mengamankan anggota. Tapi kemudian kau mulai sering bolos sekolah, dan ketika kau muncul, kau mendapat nilai tertinggi …. Itu membuatku penasaran, jadi aku mencarimu dan terkejut menemukan namamu online dengan semua penghargaan luar biasa itu.”

“Jejak digital ….”

Sakuto terkekeh saat Hikari mengatakan ini dengan ekspresi tidak suka.

“Jangan membicarakan pencapaian cemerlangmu seperti itu.”

“Itu benar. Menurutku Hikari luar biasa.”

Hikari tampak bingung seolah dia tidak bisa mempercayainya.

“Aku, luar biasa?”

Tanpa ragu, Wakana menegaskan, ‘Ya’.

“Kau telah memenangkan begitu banyak penghargaan luar biasa. Agak membuat iri. Aku akan senang kalau kau sekarang dapat menggunakan bakat itu di Klub Surat Kabar.”

“Senang? Kenapa?”

“Karena aku ingin melihatmu melakukan sesuatu yang luar biasa dari dekat, Hikari.”

Sakuto juga merasakan hal yang sama. Dia ingin melihat apa yang akan dilakukan Hikari, yang disebut genius. Dia belum pernah menyebutkannya karena dia pikir itu akan memberikan tekanan padanya, tapi Hikari tampak agak tersanjung ketika Wakana mengatakannya tanpa ragu-ragu, meski sedikit malu.

“Lagi pula, kita hanya siswa kelas satu, jadi kehadiran Hikari bersama kami sungguh menenangkan.”

“Maksudku, ini tidak seperti … atau lebih tepatnya, bukankah kau mengundangku ke Klub Surat Kabar hanya karena kau menginginkan seseorang?”

Wakana membuat wajah terkejut dan berkata,

“Eh? Hikari, apa kau benar-benar berpikir seperti itu?”

“Yeah … bukan itu?”

“Aku ingin berteman denganmu, Hikari. Kita berada di kelas yang sama, dan kau terlihat mudah diajak bicara …. Sejujurnya, kau sangat mempesona dan menarik.”

“Aku …?”

“Ya. Aku mengundangmu ke Klub Surat Kabar karena aku ingin menghabiskan waktu bersamamu dan menjadi teman. Aku kemudian mengetahui bahwa kau benar-benar luar biasa.”

“Begitulah ….”

Wakana berkata, ‘Aku merasa agak malu’ sambil tersipu, tapi Hikari hanya menatapnya dengan ekspresi terkejut di wajahnya.

(Begitu …. Bukan hanya karena Hikari adalah seorang genius maka dia diundang ….)

Tampaknya keinginan Wakana untuk memiliki Hikari di Klub Surat Kabar didasarkan pada perasaan yang lebih murni, keinginan sederhana untuk menjadi teman.

Tampaknya dia terlalu memikirkan banyak hal.

“Itulah sebabnya, Hikari, aku sangat senang kau ada di sini. Senpai juga mengatakan demikian. Terima kasih banyak.”

“Eh, ya ….”

Hikari membuat wajah yang merupakan campuran antara rasa malu dan canggung.

“Oh benar! Hei Hikari, Takayashiki-kun.”

“Hm?” “Apa itu?”

“Mungkin sudah terlambat untuk final, tapi bisakah kalian mengajariku cara belajar suatu saat nanti?”

“Eh? Kenapa?”

Sakuto bertanya.

“Aku tidak terlalu efisien, tapi kupikir aku mungkin bisa melakukan sedikit lebih baik kalau aku bisa meniru metode dua siswa terbaik di angkatan kita.”

Wakana mengatakan ini dengan senyuman yang tidak bermasalah.

Mengangguk sambil tersenyum seolah berkata, ‘tentu saja’, baik Sakuto maupun Hikari setuju.

“Aku tidak tahu apakah ini akan membantu, tapi ….”

“Jika kami cukup baik untukmu ….”

Wakana tersenyum bahagia dan berkata, ‘Bagus sekali’.

“Omong-omong, bisakah kalian memberitahuku metode belajar seperti apa yang kalian berdua praktikkan? Hanya untuk referensi.”

Bahkan ketika ditanya, Sakuto dan Hikari memiringkan kepala mereka dengan tatapan yang mengatakan mereka tidak yakin harus menjawab apa.

“Aku hanya menghafal buku-buku pelajaran. Seperti isi pelajaran, buku latihan, dan catatan. Sekadar menghafal sebagai permulaan. Lalu aku bisa menerapkan pemahanan untuk perhitungan dan seterusnya ….”

“Bagiku, ini seperti … intuisi? Rasanya seperti ada sesuatu yang datang padaku, perasaan seperti itu?”

Setelah berbagi metode belajar mereka, Wakana terlihat sangat kecewa.

“Maaf, ini salahku bertanya … Hehe ….”

““…?””

Keduanya tidak mengerti kenapa Wakana merasa sedih, tapi kemudian Hikari punya ide.

“Mungkin metode belajar Chii-chan bagus.”

“Chii-chan … mungkinkah itu Usami Chikage!?”

Tiba-tiba, raut wajah Wakana berubah saat dia melangkah mundur karena khawatir.

“Tidak, tidak perlu ….”

“Kalau dipikir-pikir. Higashino-san, kau sepertinya selalu kesulitan dengan Chikage?”

“Ya, yah, semacam ….”

“itu?”

“Sepertinya … sikapnya yang dingin dan menyendiri itu mengintimidasi …. Aku merasa dia adalah seseorang yang tidak ingin kau marahi ….”

Sepertinya memang ada rasa tidak nyaman.

Chikage menjadi lebih mudah didekati dibandingkan sebelumnya, tapi mungkin saja dia masih ditakuti oleh beberapa siswa.

Terlebih lagi, sebagai anggota departemen bimbingan siswa yang mengawasi Klub Surat Kabar, dan mengingat kejadian baru-baru ini di mana Chikage kehilangan kesabarannya, Wakana mungkin akan merasa lebih terintimidasi.

“Jangan khawatir. Chii-chan mungkin terlihat seperti itu, tapi dia sebenarnya baik dan peduli pada orang lain.”

“Seperti tipe kakak perempuan?──’Jangan meremehkanku atau kau akan menyesalinya’ atau semacamnya?”

“Uh, tidak juga …. Malah, aku merasa lebih seperti kakak perempuan …. Dan ada apa dengan gambaran Chii-chan itu?”

Hikari terkekeh, tapi dia bisa mengerti apa yang ingin dikatakan Wakana.

Ada rumor bahwa Chikage telah melunak akhir-akhir ini, tapi masih ada sesuatu dalam dirinya yang membuat orang menjaga jarak.

Mungkin sikapnya yang bermartabat itulah yang membuatnya tampak mengintimidasi.

Jika ada kesempatan untuk berbicara dengan Chikage, Hikari berpikir Wakana pasti bisa bersikap ramah padanya.

Saat mereka bertiga mendekati aula depan,

“Aku akan mampir ke ruang staf untuk menanyakan beberapa pertanyaan sebelum pulang, oke? Sampai jumpa──”

Sambil tersenyum, Wakana meninggalkan mereka.

Setelah itu, Sakuto dan Hikari mendekati Chikage yang sedang bersandar di dinding dekat pintu masuk.

“Hah? Bukankah kalian baru saja bersama Higashino-san?”

“Dia bilang dia akan pergi ke ruang staf untuk menanyakan beberapa pertanyaan.”

“Begitukah. Hmm ….”

“Ada apa?”

Chikage menunjukkan ekspresi bermasalah.

“Sepertinya aku dihindari oleh Higashino-san …. Apa karena aku salah satu anjing di departemen bimbingan siswa? Aku tidak ingat bertingkah seperti anjing …. Ya, aku memang menggonggong pada hari pertama, tapi ada alasan yang sah untuk itu── Apa yang salah? Hii-chan, Sakuto-kun?”

Melihat kekhawatiran Chikage, Sakuto dan Hikari teringat perkataan Wakana tadi dan tidak bisa menahan tawa melihat situasi tersebut.

Mereka mengira mungkin itu semua hanya kurangnya komunikasi.

Post a Comment

0 Comments