Choppiri Toshiue Jilid 3 Bab 4

cover

Apakah kau tahu kisah putri Uriko-hime? Dia relatif kecil dibandingkan dengan putri yang lebih populer seperti Cinderella dan Putri Salju, jadi kupikir ada banyak orang yang tidak tahu tentang dia.

Uriko-hime adalah seorang putri yang muncul dalam cerita Jepang kuno “Uriko-hime dan Amanojaku.” Tergantung pada wilayahnya, dia dipanggil dengan nama yang berbeda seperti Uri-hime, Urihimeko, atau bahkan … Uriko Orihime.

Alkisah, ada seorang pria tua dan wanita tua. Suatu hari, pria tua itu pergi ke gunung untuk mengumpulkan kayu bakar, dan wanita tua itu pergi ke sungai untuk mencuci pakaian. Kala wanita tua itu mencuci pakaian di sungai, sebuah melon besar datang mengambang dari hulu. Wanita tua itu mengambil melon dan membawanya pulang. Pria tua itu memotongnya menjadi dua, dan tidakkah kau tahu itu, seorang gadis kecil yang imut ada di dalam. Mereka menamai gadis ini Uriko-hime, putri melon.

Dongeng dimulai seperti itu, dan orang yang menceritakannya padaku adalah Uryu-sensei. Dia mengatakan bahwa cerita lama telah meninggalkan kesan padanya karena nama keluarganya, Uryu, mirip dengan Uriko-hime.

“Jika kau menggunakan versi di mana namanya adalah Uriko Orihime, itu seperti mereka menggabungkan nama kita, bukan?” katanya padaku sambil tersenyum.

Itu adalah liburan musim panas ketika aku masih sekolah dasar, dan itu adalah hari terakhir kelas memasak tahun itu. Tidak seperti biasanya, ibuku tidak terlambat datang menjemputku: aku sengaja memberi tahunya waktu yang salah. Itu adalah kelas terakhir tahun ini, dan aku tidak akan bisa melihat Uryu-sensei lagi sampai tahun depan. Pada akhirnya, aku ingin berbicara dengannya sebanyak mungkin, jadi aku membuat rencana seperti yang dilakukan anak-anak dan membuat ibuku datang terlambat.

Kupikir Uryu-sensei mungkin mengetahui trik kecilku, tetapi dia tidak mengatakan apa-apa dan mengikutinya untukku. Yang dia katakan hanyalah bahwa hari ini spesial karena ini adalah kelas terakhir, dan dia menggunakan bahan sisa untuk mengajariku cara membuat telur dadar gulung yang selalu dia buat di rumah. Rupanya, itu adalah resep khusus yang datang dari saat dia bertengkar dengan suaminya. Sepertinya dia tidak mengajarkannya di kelasnya karena memiliki banyak kalori dan tidak populer di kalangan ibu rumah tangga. Sewaktu dia memasak, Uryu-sensei menceritakan kisah “Uriko-hime dan Amanojaku”.

Sebagai anak sekolah dasar, yang bisa kukatakan hanyalah, “Bukankah itu hanya tiruan dari ‘Momotaro’?” aku hanya mendengar pengantar cerita, tetapi ada kemiripan yang sangat besar di antara keduanya. Satu-satunya hal yang berubah adalah buah persik itu telah menjadi melon dan anak laki-laki itu telah menjadi seorang gadis kecil. Aku tidak bisa benar-benar mempertahankannya. Tidak mungkin ini hanya kebetulan. Ini jelas plagiarisme.

“Ha ha ha. Mereka pasti mirip.” Uryu-sensei tertawa saat dia dengan terampil memecahkan telur dengan satu tangan.

“Jadi apa yang terjadi pada Uriko-hime setelah dia lahir dari melon? Dia tidak pergi ke Onigashima dan memusnahkan para ogre di sana, 'kan?”

“Tidak, dia tidak pergi ke Onigashima. Nah, ogre memang muncul. Itu amanojaku dari judul ceritanya, dan itu semacam ogre.”

“… Bahkan orang jahat pun sama? Ini hanya membuat ceritanya tampak seperti tiruan.”

“Apa yang terjadi pada Uriko-hime setelah itu … agak sulit untuk dijelaskan,” dia mengawali dan mulai berbicara lagi.

Menurut Uryu-sensei, putri yang dikenal sebagai Uriko-hime dicintai oleh pria tua dan wanita tua itu, dan dia tumbuh dengan cepat. Dia pandai menenun, jadi dia menenun kain setiap hari sambil bernyanyi. Namun, suatu hari, ketika pria tua dan wanita tua itu pergi, Uriko-hime ditipu oleh sesosok ogre yang bernama amanojaku dan dibunuh olehnya. Setelah membunuh Uriko-hime, amanojaku mencuri kimononya dan mencoba menyamar sebagai dia dan melakukan hal-hal buruk. Namun, amanojaku segera ditemukan dan dibunuh, dan mereka semua hidup bahagia selamanya.

“Ini adalah sinopsis cerita yang sangat ringkas dan singkat.”

“Itu cerita yang tidak menyenangkan ….” kataku, memberikan pendapat jujurku.

“Pastilah. Namun, tergantung pada wilayahnya, kisah Uriko-hime sangat bervariasi. Di wilayah kita ada banyak akhir di mana sang tuan putri meninggal, tetapi di Jepang barat, versi cerita yang paling populer adalah di mana dia diselamatkan dan bertahan hidup.”

“Hah … hal seperti itu terjadi?”

Akhir ceritanya ditentukan oleh wilayah? Meskipun itu cerita rakyat, memiliki banyak akhiran?

“Yang mana akhir yang sebenarnya?”

“Siapa tahu? Aku sendiri heran. Aku juga tidak tahu,” kata Uryu-sensei samar. “Omong-omong, Hime-chan, kau bilang itu tiruan dari ‘Momotaro’, tapi… kenyataannya Momotaro mungkin tiruan dari Uriko-hime.”

“Apa?!”

Momotaro, simbol cerita rakyat, dicurigai sebagai sebuah tiruan?

“Ada teori bahwa Uriko-hime ada terlebih dahulu, lalu tokoh utamanya diubah menjadi seorang pria, cerita direformasi menjadi cerita menarik tentang kebaikan menghukum kejahatan, dan itu menjadi Momotaro. Meskipun aku tidak tahu apakah itu benar atau tidak.”

Aku merasa sangat bingung. Aku tidak tahu apakah sejarah resmi Uriko-hime adalah kelangsungan hidupnya atau kematiannya, dan aku juga tidak tahu siapa yang asli antara Momotaro dan Uriko-hime. Aku merasa sangat tidak nyaman. Apa yang benar? Apa jawaban yang benar? Aku sangat khawatir tentang itu sehingga aku tidak bisa menahan diri untuk tidak cemas.

“Aku ingin tahu apa cerita sebenarnya,” kataku tanpa sadar, dan Uryu-sensei tersenyum ramah padaku.

“Bukankah tidak apa-apa membiarkan mereka semua menjadi nyata?” tanyanya.

“Biarkan mereka semua menjadi nyata? Apa? Tapi hanya ada satu Uriko-hime yang asli, 'kan?”

“Yah, itu benar. Kupikir cerita asli Uriko-hime yang dibuat oleh seseorang di suatu tempat adalah yang asli, dan itu pasti ada di suatu tempat di masa lalu. Tapi, itu tidak masalah. Kurasa yang penting adalah bagaimana kita menafsirkannya dan bagaimana kita ingin menafsirkannya.”

“….”

“Kita semua hanya mencari jawaban yang benar, 'kan? Tidak peduli apa situasinya atau apa masalahnya, kita hanya berpikir ‘Apa jawaban yang benar?’ ‘Di mana kebenarannya?’ ‘Yang mana yang asli?’ ‘Bukankah ini solusi terbaik?’ dan ‘Bukankah biasanya seperti ini?’ Tapi mencari jawaban yang benar seperti itu hanyalah salah satu cara berpikir tentang berbagai hal. Aku merasa ketika kau terlalu banyak mencari jawaban yang paling benar, kau akhirnya kehilangan pandangan tentang apa yang paling penting.”

“….”

“Bahkan dengan Momotaro dan Uriko-hime, mencoba untuk secara paksa mengetahui siapa yang yang asli atau apa cerita yang benar hanya … kurang emosi. Tidak apa-apa jika mereka semua nyata?”

“… Benar juga.”

“Yah, Momotaro dan Uriko-hime tidak nyata dan hanya dari cerita yang dibuat-buat. Tidak mungkin bayi akan keluar dari buah persik atau melon,” kata Uryu-sensei dan meletakkan tangannya di perutnya sendiri. “Lagian, bayi datang dari sini.” Dia menatap perutnya dengan penuh kasih sayang dan dengan lembut membelainya.

“Huh? S-Sensei, tidak mungkin ….”

“Ya, aku hamil anak keduaku.” Uryu-sensei menyeringai dan mengacungkan dua jari. Kupikir dia membuat semacam permainan kata-kata dengan membuat angka dua dan tanda peace dengan gerakan yang sama.

“Wow selamat!”

“Ha ha ha. Terima kasih.”

“Aku sama sekali tidak menyadarinya. Sosok Anda tidak berubah sama sekali.”

“Aku tidak benar-benar membengkak. Hal yang sama terjadi pada bayi pertamaku.” Uryu-sensei tersenyum lembut sambil meletakkan tangannya di perutnya.

“Aku benar-benar bahagia.” Kata-katanya terdengar alami, seolah-olah tidak sengaja tumpah dari hatinya. “Kawin tembakku membuatku dibanjiri banyak hal, dan aku benar-benar mengalami masa-masa sulit, tapi … terlepas dari semua itu, ketika aku memikirkan semuanya secara keseluruhan, aku benar-benar bahagia. Meskipun dia membuatku kesal, aku memiliki suami yang kucintai, aku memiliki seorang putri yang imut … dan aku memiliki anggota baru keluargaku dalam perjalanan.”

Setelah dia mengatakan semua itu, dia berseru kaget, “Oh, bayinya baru saja bergerak.”

“Apa? Bayinya sudah bergerak?”

“Ya. Anak ini sangat energik dan banyak menendang. Hei, Hime-chan. Apakah kau ingin merasakannya?”

“A-apa boleh?”

“Silakan.”

Aku dengan hati-hati, dengan takut-takut meraih tanganku ke perutnya. Saat aku melihat lagi dari dekat, sulit untuk mengetahuinya karena pakaiannya, tapi perut Uryu-sensei menjadi cukup besar. Aku dengan hati-hati menyentuh perutnya, dan itu terasa lebih keras dari yang kukira. Perutnya seperti diregangkan karena penuh.

“Um, sekarang, bayinya menendang-nendang di sekitar sini,” kata Uryu-sensei sambil menggerakkan tangan. Aku meletakkan tanganku di bagian yang dia tuntun, dan setelah aku menunggu, aku merasakan sesuatu. Dampak lembut menyentuh telapak tanganku.

“Wow, bayinya bergerak!”

“Ha ha ha. Bayi itu baru saja menendang dengan sangat keras!”

“W-wow. Luar biasa, itu benar-benar menendang banyak!”

“Iya 'kan? Oh, tiba-tiba mulai bergerak. Baiklah, aku ingin tahu apakah anak ini menyukaimu, Hime-chan?”

“Wah, ini luar biasa! Ini sangat keren!”

Aku tidak punya adik, jadi ini pertama kalinya aku menyentuh perut wanita hamil seperti ini. Meskipun aku sekarang berusia dua puluh tujuh tahun, aku masih ingat bagaimana aku tersadar bahwa bayi benar-benar lahir dari dalam perut ibu mereka dan bagaimana aku sangat gembira dan sangat tersentuh. Aku merasakan gerakan sedikit kehidupan dengan tanganku.

“Ini luar biasa. Aku ingin tahu anak macam apa itu nanti  ….”

“Apakah kau ingin bertemu bayi itu?”

“Ya!”

“Yah, ketika anak ini lahir, mungkin aku akan membawa mereka ke kelas memasak tahun depan.”

“Betulkah?!”

“Jika aku melakukan itu, maukah kau menggendong bayi itu untukku, Hime-chan?”

“Ya! Aku pasti mau!”

“Baiklah. Janji kalau begitu.” Uryu-sensei dan aku melakukan janji kelingking, dan setelah itu telur dadar gulung selesai. Rasanya manis dan lembut, seperti kue. Aku berusaha sebaik mungkin untuk mengingat resepnya, dan aku mempraktikkannya berulang-ulang di rumahku. Saat aku melakukan itu, aku bertanya-tanya apakah bayi Uryu-sensei juga akan memakan telur dadar gulung yang sama ketika mereka lahir dan menjadi lebih besar.

Namun, aku tidak bisa menepati janjiku dengan Uryu-sensei, karena itu adalah tahun terakhir kelas memasak untuk liburan panjang di kota itu. Tampaknya ada banyak alasan untuk itu terjadi, seperti kurangnya siswa dan keuangan kota.

Sejak kelas memasak menghilang, begitu pula titik kontak antara Uryu-sensei dan aku. Itu berbeda saat itu; anak sekolah dasar tidak memiliki ponsel, dan aku tidak tahu nomor telepon Uryu-sensei atau alamatnya.

Yah, kupikir jika aku serius mencoba mencarinya, maka aku mungkin bisa menemukannya. Namun, kupikir jika aku pergi sejauh itu untuk menemukannya, itu hanya akan mengganggunya, jadi aku menyerah dan tidak pernah melihatnya lagi tanpa bisa bertemu bayi yang dia bawa di perutnya. Namun, aku berpikir dengan optimis bahwa aku mungkin akan bertemu dengannya suatu hari nanti, di suatu tempat.

Kita tinggal di prefektur yang sama, jadi selama kita masih hidup maka kita mungkin akan bertemu satu sama lain cepat atau lambat. Suatu saat, tak lama lagi, kita pasti akan bertemu di suatu tempat ….

Sekarang, di masa sekarang, aku bertemu Uryu-sensei lagi untuk pertama kalinya dalam lima belas tahun. Dia masih memiliki senyum yang sama dan meyakinkan sejak saat itu … tepat di tengah bingkai persegi kecil.

“Tidak mungkin!” Aku berdiri di sana dengan syok. Aku diliputi perasaan kehilangan seperti lantai runtuh dari bawahku, dan aku merasa seperti aku akan runtuh jika aku tidak menjaga fokusku. Kaede-san telah menunjukkan kami ke ruangan untuk altar Buddha di belakang rumah. Di altar ada satu bingkai foto. Orang dalam foto … adalah Uryu-sensei.

“Uryu adalah nama gadis ibuku. Meskipun dia sudah menikah, dia tidak mengubah namanya di tempat kerja karena dia pikir itu akan merepotkan,” kata Kaede-san, berbicara dengan suara pelan. “Ibuku mengajar kelas memasak di mana-mana. Oh … kalau dipikir-pikir, aku pikir dia mengeluh tentang bagaimana kelas memasak di kampung halaman Orihara-san dibatalkan. Dia berkata, ‘Ada seorang gadis kecil yang aku janjikan untuk bertemu lagi,’ tapi aku masih kecil jadi aku tidak begitu ingat.”

“….”

“Aku merasa seperti dia mengatakan sesuatu seperti, ‘Ketika Kaoru menjadi sedikit lebih besar, ayo bermain dengan gadis itu, Kaede,’ tapi tepat setelah itu kecelakaan terjadi  ….”

Aku sangat terkejut sampai aku bahkan tidak bisa berbicara. Pikiranku menjadi kosong, dan aku tidak bisa memikirkan apa pun. Rasanya seperti ada lubang di hatiku dan angin kering bertiup melewatinya. Aku tidak percaya bahwa Uryu-sensei adalah ibu Momota-kun dan Kaede-san. Juga, aku tidak ingin percaya bahwa Uryu-sensei sudah meninggal.

“… Ha ha. Sungguh kebetulan yang luar biasa. Pacar yang dibawa Kaoru ke rumah sebenarnya adalah murid dari kelas memasak ibuku. Itu membuatku berpikir bahwa ini lebih seperti takdir daripada kebetulan.” Kaede-san berbicara dengan senyum pahit dan pandangan sekilas di matanya saat—dia menatap Uryu-sensei, ibu yang sangat dia cintai yang ada di foto itu.

“Aku tidak pernah diajari resep telur dadar gulung dari ibuku karena aku masih kecil, jadi aku berjuang untuk membuatnya kembali, hanya mengandalkan ingatanku tentang bagaimana rasanya. Itu adalah favoritku dari semua masakan ibuku, dan aku juga ingin Kaoru tahu seperti apa masakan ibuku.”

Uryu-sensei meninggal sebelum Momota-kun berusia dua tahun. Bahkan jika dia sudah makan makanan bayi dan makanan yang sedikit dibumbui untuk bayi, dia mungkin tidak memiliki kesempatan untuk makan masakan rumahan biasa.

“Tapi, aku tidak pernah bisa melakukannya dengan benar. Lagi pula, tidak disebutkan tentang telur dadar gulungnya di materi kelas memasaknya.”

“Dia bilang bahwa telur dadar gulungnya tidak terlalu populer di kalangan wanita karena kalorinya yang sangat tinggi, jadi dia tidak mengajarinya di kelas. Aku … kebetulan diajarinya.”

“Telur dadar gulungmu memiliki rasa yang sama dengan ibuku, Orihara-san …. Itu benar-benar nostalgia. Rasanya seperti aku sedang makan masakan ibuku untuk pertama kalinya dalam lebih dari sepuluh tahun.” Kaede-san menghela napas kecil, dan dengan ringan memukul bagian belakang kepalanya Momota-kun dengan tinjunya.

“Ada apa dengan itu? Kau harus mencoba telur dadar gulung ibu di belakangku?”

Momota-kun tidak mengatakan apa-apa. Setelah dia memasuki ruangan ini dan mendengar ceritaku, dia menatap foto Uryu-sensei.

Sebelumnya dia bilang dia kesulitan melihat foto ibunya ….

“Nee-chan dan aku …” ucap Momota-kun secara mendadak.

“Hah? Apa katamu?”

“Ah … hanya saja, kupikir Nee-chan dan aku pasti mendapat ekspresi menakutkan di wajah kami dari ayah kami, tapi ibu juga memiliki tampang yang cukup menakutkan.”

Kaede-san dan aku tidak tahu bagaimana menanggapi perkataannya.

“Ini pertama kalinya aku melihat foto Ibu setelah sekian lama …. Dia memiliki pandangan jahat, bukan? Ha ha. Ada apa dengan keluarga ini? Apa setiap orangtua dan anak terlihat seperti orang jahat?”

“Apa yang kaukatakan—” Kaede-san mencoba menolak, tapi dia menahan napas. Momota-kun menangis saat air mata menggenang di matanya dan mengalir di pipinya.

“Kaoru … apa yang kautangisi?”

“Huh? Oh … aku. Apa? Kenapa aku menangis?” Dia menyentuh pipinya sendiri dan tampak terkejut. “Apa ini? Aku tidak tahu. Setelah mendengarkan kalian berdua berbicara dan melihat foto ibu untuk pertama kalinya dalam beberapa saat, aku tersadar sekali lagi bahwa dia ibuku,” kata Momota-kun, tidak bisa menyembunyikan betapa bingungnya dia. Sepertinya dia sedang berjuang untuk mengungkapkan perasaan di dalam hatinya yang tidak bisa dia kendalikan atau pilah dengan kata-kata.

Dia menatapku dengan air mata di matanya dan bertanya padaku, “Orihara-san … apakah kau menyukai ibuku?”

“… Y-ya,” kataku dan dengan tegas mengangguk. “Saat aku masih SD, aku menyukai Uryu-sensei, ibumu. Meskipun dia dewasa, dia tidak mencoba terkesan sombong, dan dia terkadang bertindak kekanak-kanakan. Uryu-sensei akan selalu menceritakan kisah-kisah menarik kepadaku, dan dia selalu dengan riang mendengarkan ceritaku …. Aku sangat menyukainya.”

Momota-kun melihat ke bawah ke lantai seperti sedang memikirkan apa yang baru saja kukatakan. “Aku … pada akhirnya, aku tidak bisa mengingat ibuku, dan merasa jika aku mengatakan aku mencintainya, itu tidak jujur. Tapi, aku bertanya-tanya apakah aku seharusnya memikirkan hal-hal yang lebih sederhana. kalau dia seseorang yang kakakku, ayahku dan kau cintai, maka tidak apa-apa jika aku juga mencintainya. Bagaimanapun, dia adalah orang tersayang dari seseorang yang kucintai ….”

“…  Astaga. Tentu saja, tidak apa-apa, dasar bodoh!” Kaede-san berkata kasar, memukul Momota-kun dengan lembut. “Kau laki-laki, jadi jangan menangis.”

“Nee-chan ….”

“Maksudku, apa maksudmu? Ketika aku berusaha keras sejak lama untuk mengajarimu semua tentang ibu, kau membencinya! Apakah kau hanya menerimanya ketika pacarmu berbicara?”

“M-maafkan aku, Nee-chan … Ow, aduh.”

“Adik payahku!” Dengan dia tinju sedikit gemetar, Kaede-san memukul Momota-kun lagi dan lagi. Ada air mata menggenang di matanya. Sepertinya dia dipenuhi dengan perasaan dijelaskan yang lebih rumit daripada yang bisa kubayangkan, dan dia tidak bisa menghentikan mereka.

“Oh, itu mengingatkanku.” Setelah dia menyingkirkan tinjunya, menyeka matanya, dan mengatur napasnya, Kaede-san menatapku. “Aku harus mengumumkan hasil tes pertama.” Matanya merah, tapi dia tersenyum agak nakal.

Tes? Oh, sekarang setelah kau menyebutkannya, itulah yang kami lakukan.

“Kau lulus,” kata Kaede-san. “Kau sudah lulus dengan warna-warna cerah. Hasilmu sangat bagus sehingga kau dibebaskan dari tes lainnya. Sebagai putri tertua dari keluarga Momota, aku secara resmi menerimamu sebagai pacar putra tertua kami, Kaoru.”

“H-hah? Umm …” saat aku menjadi bingung, Kaede-san menundukkan kepalanya padaku.

“Tolong terus jaga Kaoru mulai sekarang.”

“Y-ya. T-tolong lakukan hal yang sama untukku ….” Aku panik dan juga menundukkan kepalaku.

Kaede-san mengangkat kepalanya dan berbalik untuk melihat altar. “Yah, bagaimana aku harus mengatakannya …. Jika ibuku menyetujuimu, maka tidak mungkin aku tidak melakukan hal yang sama.”

“…  Ini tidak seperti Ibu menyetujui ini.”

“Diam. Saat ini, aku merasa seperti Ibu menyetujuinya dari surga.” Kaede-san tertawa riang mendengar komentar Momota-kun, dan di latar belakang di belakang kakak beradik itu, foto Uryu-sensei menunjukkan dia tersenyum sangat bahagia.

Post a Comment

0 Comments