Choppiri Toshiue Jilid 3 Epilog

cover

Malam itu, setelah aku selesai makan malam dengan kakakku dan mencuci piring di dapur, ayahku kembali dari lokakaryanya di Sendai.

“Selamat pulang, Ayah.”

“Hei.” Sambil mempersingkat salamnya, ayahku membuka lemari es, mengeluarkan bir dan beberapa lauk pauk yang dibuat kakakku untuk makan malam, dan duduk di meja.

Setelah menyeka tanganku, aku duduk di depan ayahku. Aku mengambil birnya, membuka tab, dan mendesak ayahku untuk mengambil cangkir. Ayahku menatapku heran.

“Nah sekarang, ini jarang terjadi.”

“Tidak apa-apa sesekali.”

“Kau ingin uang atau sesuatu?”

“Tidak, bukan itu.” Dia mengulurkan cangkirnya, dan aku menuangkan bir ke dalamnya. Aku melakukannya dengan hati-hati agar tidak terlalu banyak busa. Ayahku tampak menikmatinya saat dia menyesap bir yang dituangkan putranya untuknya. “Ayah tahu wanita itu, Orihara-san, yang kuperkenalkan padamu tempo hari?” kataku.

“Oh, kakak temanmu?”

“Ya. Dia … Dulu, dia menghadiri kelas memasak Ibu.”

Mata ayahku melebar. “Benarkah itu?”

“Ya. Tampaknya benar. Dia juga bahkan tidak tahu kami adalah keluarga. Dia mempersembahkan beberapa dupa ke altar hari ini.”

“… Aku mengerti. Itu kebetulan yang luar biasa.”

Sungguh suatu kebetulan yang luar biasa. Ini kebetulan yang sepertinya seperti takdir.

“Aku mendengar ini dari Orihara-san, tapi … rupanya Ibu memberi tahu Orihara-san bahwa dia mencintai Ayah.”

Ayahku memuntahkan birnya dan terbatuk saat dia tersedak. Lalu dengan wajah tidak nyaman, dia berkata, “… Aku ingin tahu apakah Kozue akan mengatakan hal seperti itu? Mungkin Orihara-san mengatakan itu untuk bersikap baik?”

“Entahlah. Aku tidak mengerti, tapi itulah yang dikatakan Orihara-san.”

Aku tidak mengerti. Aku tidak tahu ibuku. Tapi, orang yang kusayangi mengenalnya.

“Hmm …. Dia mencintaiku, ya? Aku hampir tidak diberi tahu itu secara langsung oleh Kozue karena dia lebih tua dariku dan aku bukan tandingannya. Aku selalu membuatnya marah dan terus menyebabkan masalah karena aku tidak bisa diandalkan.”

Ayahku memiliki tatapan lemah di matanya saat dia melanjutkan. “Ketika dia hamil dengan Kaede, aku masih remaja yang tidak bisa menghasilkan uang sendiri. Aku benar-benar membuat masalah bagi Kozue. Aku menerima begitu banyak darinya, tapi aku tidak bisa melakukan apa pun sebagai balasannya—”

“Dia bilang dia bahagia,” kataku. “Ternyata, Ibu bilang dia bahagia. Dia memberi tahu Orihara-san bahwa dia benar-benar bahagia karena dia memiliki Ayah, Nee-chan dan aku.”

“… Begitu.” Ayahku mengangguk ketika dia memikirkan kata-kata itu dan menyesap birnya. “Hmm. Ini adalah perasaan yang aneh, berbicara denganmu tentang ibumu seperti ini. Apakah kau ingat ketika kau bertengkar hebat dengan Kaede dulu sekali?”

“Ya, itu memang terjadi, bukan?” Aku sekali lagi mengambil sekaleng bir dan menuangkannya ke dalam cangkir ayahku. “Yah, aku sedikit lebih dewasa sekarang.”

Terkadang aku menjadi dewasa, dan terkadang aku masih anak-anak. Terkadang aku mati-matian menggigit lebih dari yang bisa aku kunyah dan bertindak seperti orang dewasa, hanya untuk menyadari bahwa aku masih anak-anak. Terkadang aku menyadari lagi bahwa aku adalah anak yang dilahirkan untuk dicintai. Pada akhirnya, siapa aku adalah seorang anak berusia lima belas tahun yang hidup dengan identitas diri yang samar dan tidak jelas yang masih berada di tengah proses pertumbuhan yang bahkan aku sendiri tidak mengerti.

Setelah aku selesai menuangkan isi kaleng dan ternyata kosong, aku berdiri dari tempat dudukku. Ini sedikit berlebihan, dan aku mulai merasa malu; aku tidak tahan melakukan “ayah dan anak” ini lebih lama lagi.

“Kaoru.” Ketika aku mencoba meninggalkan dapur, ayahku berbicara kepadaku. “Pastikan kau duduk ketika kau nomor satu.”

“Apa ada hubungannya dengan sesuatu?” Tidak dapat memahami apa yang dia maksud, aku memiringkan kepalaku. “Aku sudah tahu itu. Kau sudah memberi tahuku itu sejak aku masih kecil.”

“Oh, itu benar.” Dia mengangguk setuju, menyipitkan matanya dan tersenyum pelan.

Kemudian, aku datang untuk nongkrong di apartemen Orihara seperti yang selalu kulakukan.

“Omong-omong, bagaimana kabar Kaede-san sejak saat itu?” tanya Orihara-san sambil duduk di sampingku.

“Bagaimana dia? Dia normal. Tidak ada yang berubah.”

“Hmm. Betulkah?”

“Yah … dia tidak membuat apa-apa selain telur dadar gulung menggunakan resep Ibu yang kau ajarkan padanya. Rasanya enak, tapi aku mulai muak memakannya.”

“Ha ha ha.” Orihara-san tertawa riang.

Setelah jeda singkat dan ragu-ragu, dia berkata, “H-hei, Momota-kun,” dengan suara gugup. “Bisakah kau berbalik sebentar?”

“Berbalik?”

“Aku ingin kau memunggungi aku saat kau duduk.”

“Hmm? Oke, baiklah.” Aku mengikuti instruksinya dan memutar tubuhku, memunggungi Orihara-san. Ketika aku melakukan …

“Kena kau!” Orihara-san memelukku, memelukku dari belakang.

“Huh?”

“J-jangan bergerak. Duduk diam saja.” Dia menahanku dengan kata-katanya, melingkarkan lenganku, dan memelukku erat-erat.

Dia berbau harum. Itu adalah aroma Orihara-san, dan aku tidak mencium sedikit pun bau kompres. Dia mungkin tidak menerapkannya hari ini. Juga, di atas segalanya … perasaan payudaranya luar biasa. Aku sangat merasakan dua kehadiran luar biasa di punggungku. Itu adalah perasaan yang luar biasa sehingga aku dengan bodohnya bertanya-tanya apakah aku bisa menumbuhkan tangan lain dari punggungku pada saat itu.

“…  Apa yang kaulakukan tiba-tiba?”

“Yah, kau tahu … aku membuat janji dengan Uryu-sensei, ibumu,” kata Orihara-san di telingaku. “Aku berjanji akan menggendong bayinya saat lahir.”

“ ….”

“Sudah lima belas tahun, jadi aku tidak bisa benar-benar memeluknya, tapi kupikir setidaknya aku mencoba memeluknya.”

“Orihara-san ….” Perasaan yang tak terlukiskan muncul dari lubuk hatiku. Itu adalah perasaan hangat, manis, dan misterius yang menyebarkan kebahagiaan ke setiap sel tubuhku. “Aku tidak percaya kau bertemu ibuku saat dia hamil aku.”

“Yah, tidak banyak pacar yang pernah mengelus perut ibu pacarnya saat masih dalam kandungan. Ha ha ….” Orihara-san tertawa datar pada kejadian aneh yang hanya bisa terjadi pada pasangan yang memiliki perbedaan usia yang cukup jauh.

“Kalau ibuku masih hidup … aku penasaran apa yang akan dia katakan tentang kita?”

“Maksudmu kalau dia mengetahui tentangmu berkencan dengan wanita dua belas tahun lebih tua darimu?”

“Yah, sesuatu seperti itu. Bagaimana menurutmu, Orihara-san?”

“Umm … a-aku tidak tahu,” kata Orihara-san dengan suara bingung, lalu melanjutkan, “tapi kalau itu Uryu-sensei … aku punya firasat dia entah bagaimana akan menyetujui kita.”

“ ….”

“Sepertinya dia akan berkata, ‘Tidak ada gunanya jika kau jatuh cinta padanya’ dan menertawakannya.”

“Betulkah?”

“A-aku tidak tahu pasti. Banyak angan-anganku tercampur di sana ….”

“Tidak … aku juga merasakan hal yang sama.” aku membayangkan ibuku, yang hanya aku tahu dari gambar. Saat ini, di atas meja di kamarku ada bingkai foto yang dibuat kakakku untukku. Aku memutuskan untuk tidak lagi menyembunyikannya atau mengalihkan pandangan darinya. Saat aku membayangkan senyumnya, aku akan berbicara dengannya dari dalam hatiku.

Ibu, terima kasih telah melahirkanku. Ibu bersama aku selama kurang dari dua tahun, tapi aku yakin Ibu banyak merawatku, menyusuiku, memberiku makanan bayi, dan mengganti popokku. Aku yakin Ibu memberiku banyak cinta. Tapi, aku khawatir aku tidak mengingatnya.

Perasaan itu adalah mengapa aku agak menolak ibuku. Aku khawatir menerimanya. Aku merasa jika aku hanya mengatakan aku mencintainya, itu akan menjadi tidak tulus. Kupikir aku merasa bersalah terhadap kakak dan ayahku yang benar-benar menyayangi ibuku.

Namun, untuk suatu alasan, anehnya aku kini menerima ibuku. Mungkin karena sekarang aku memiliki seseorang yang kucintai juga. Mungkin karena untuk pertama kalinya, aku benar-benar mencintai seseorang. Sekarang setelah aku tahu bagaimana rasanya mencintai seseorang, aku bisa membayangkan bagaimana rasanya ibuku mencintai ayahku, kakakku, dan aku. Sekarang aku bisa membayangkannya, jadi aku ingin membalas cintanya. Aku belum pernah bertemu atau berbicara dengannya, tetapi aku ingin memberi tahu ibuku, “Aku juga mencintaimu.”

“Aku ingin tahu apakah itu takdir,” kataku.

“Apa?”

“Maksudku, seperti … Ini benar-benar kebetulan yang sangat besar, 'kan? Untuk berpikir, meskipun kita bertemu secara kebetulan, takdir kita telah terjalin selama lima belas tahun. Kita sudah terhubung sejak sebelum aku lahir. Aku tidak bisa menganggap ini sebagai hal lain selain takdir.”

“Hmm … aku penasaran. Kalau kau dan aku benar-benar pasangan yang ditakdirkan untuk bersama karena kehendak surga … maka kupikir tidak apa-apa jika aku dilahirkan ke dunia ini dua belas tahun sebelumnya ….”

“Itu mungkin benar, tapi ….”

“Oh, m-maaf, aku tidak bermaksud merusak suasana!” ucap Orihara-san, menjadi bingung.

Yah, menyebutnya takdir mungkin agak berlebihan. Bergabung dengan takdir sebelum kau lahir mungkin tampak seperti keajaiban, tetapi pada akhirnya itu hanya kisah dunia kecil dalam prefektur yang sama. Selain Orihara-san, ada lusinan orang di prefektur ini yang menghadiri kelas memasak ibuku. Jika orang itu dan aku telah jatuh cinta, aku mungkin masih akan berpikir, “Ini adalah takdir.”

Juga, ada perbedaan usia dua belas tahun kami. Kesenjangan usia yang Orihara-san khawatirkan ini adalah masalah yang harus kami tangani selamanya, dan itu semacam rintangan. Fakta bahwa kami memiliki rintangan itu mungkin berarti bahwa kami bukanlah pasangan yang diberkati oleh surga.

Namun, itu baik-baik saja. Biarpun itu kebetulan, kalau kupikir itu takdir, maka memang begitu. Ini seperti bagaimana kita tidak tahu apakah Momotaro dan Uriko-hime adalah kisah nyata, dan yang penting adalah mana yang menurutmu nyata: kupikir yang terpenting adalah apa yang kurasakan.

“Kaulah takdirku, Orihara-san,” kataku, dan aku meremas tangannya yang melingkari tubuhku. “Biarpun kau bukan orang yang ditakdirkan untuk bersamaku, jika aku merasa ingin bersamamu, bukankah itu membuatmu menjadi orang yang ditakdirkan untuk bersamaku?”

Untuk sesaat, mata Orihara-san melebar karena terkejut. Namun, mereka segera kembali normal, dan dia memberiku senyum yang sangat bahagia. “Ya, kau benar.” Dia diam-diam mengangguk dan sekali lagi memelukku erat-erat.

Itu membuat frustrasi—dan maksudku, aku tidak tahan menjadi satu-satunya yang dipeluk, jadi aku melepaskan tangan Orihara-san, berbalik, dan kali ini aku memeluknya dari depan. Dia membalas pelukanku, dan yang memenuhi kami hanyalah kebahagiaan.

Aku berharap waktu akan berhenti seperti ini. Namun, pada saat yang sama, aku merasa seperti aku ingin berjalan bersama melalui aliran waktu. Kupikir aku akan menyebut perasaan yang saling bertentangan ini sebagai “cinta”.

Post a Comment

0 Comments