Choppiri Toshiue Jilid 4 Epilog

Liburan musim panas telah usai, dan pikiran dan tubuhku yang sudah terbiasa dengan istirahat disesuaikan untuk pergi ke sekolah lagi. Sekitar lima hari telah berlalu, dan ketika kupikir aku akhirnya terbiasa dengan kehidupan sekolah yang normal, aku kembali istirahat.

Itu adalah Sabtu pagi di akhir pekan pertama setelah liburan musim panas berakhir. Ayah kami telah mengumpulkan kakak dan aku sehingga kami bertiga bersama-sama di ruang tamu rumah kami.

“Astaga, kenapa kau memanggil kami ke sini pagi-pagi sekali, Ayah?” tanya kakakku dengan lesu sambil meletakkan dagunya di tangannya.

“U-um … nah, masalahnya …” Ayahku sedang duduk di seberang meja menghadap aku dan kakakku. Dia terdengar canggung, dan ekspresinya tampak kaku dan tegang. “Sebenarnya … ada sesuatu yang ingin Ayah bicarakan dengan kalian.”

“Apa itu sesuatu yang membuat Ayah begitu formal seperti ini?” tanya kakakku.

“Ya, kurasa begitu.”

“Apa itu?”

“Yah, maksudku itu … kau tahu …” Ditekan untuk berbicara oleh kakakku, perkataan ayahku menjadi tidak jelas dan kacau. Dia menjadi tidak jelas seperti biasanya.

“Mungkinkah … Ayah sakit? Apakah Ayah mengetahui bahwa Ayah memiliki penyakit serius?”

“Tidak. Tubuh Ayah sangat sehat. Faktanya, pada pemeriksaan medis Ayah beberapa hari yang lalu Ayah diberi tahu bahwa usia fisik Ayah adalah dua puluhan.”

“Kalau begitu … Apa itu utang? Apa ini akhir dari klinik kita?”

“Tidak! Bisnis kita berjalan dengan baik!”

“Oke, lalu apa itu?”

“Yah, um, itu ….”

Ayahku sekali lagi mulai mengacaukan kata-katanya, dan aku tahu bahwa kakakku menjadi semakin frustrasi, jadi aku berbicara dan berkata, “Ayah … Apakah ini kabar buruk?”

Ayahku menggelengkan kepalanya dan berkata, “Ini … bukan kabar buruk. Sebenarnya, ini kabar baik … Maksud Ayah, Ayah ingin kalian merasa bahwa ini adalah kabar baik …” Setelah ragu-ragu sejenak, ayahku berbicara seolah-olah dia telah mengambil keputusan dan berkata, “Sebenarnya, ada seseorang yang ingin Ayah perkenalkan pada kalian.”

Untuk sesaat, aku dan kakakku tidak dapat berbicara, tetapi kami segera mengerti apa yang dia maksud.

“Ayah … Apakah itu berarti—”

“Kau menemukan seseorang untuk menikah lagi?” Ayah kami melambaikan tangannya seolah dia malu dengan pertanyaan kami.

“Belum sampai sejauh itu. Tapi … dia seseorang yang Ayah pertimbangkan untuk masa depan seperti itu. Itu sebabnya Ayah pikir Ayah harus memperkenalkannya kepada kalian juga.”

“Oh begitu. Di sini kupikir ayahku benar-benar bodoh ketika dia sebenarnya cukup sibuk,” kata kakakku dan menyeringai.

“A-asal tahu saja … Ayah belum melupakan ibu kalian, oke? Kenangan Ayah dengan ibumu akan selalu ada di hati Ayah. Dan sejauh yang Ayah ketahui, Kozue adalah satu-satunya ibu yang kalian berdua miliki. Tapi … Itu sebabnya ….”

“Ya, ya, kami tidak butuh semua itu,” kata kakakku, memotong pembicaraan ayahku saat dia mulai berbicara dengan serius. “Ini adalah kesempatan yang membahagiakan dan aku memberi Ayah restu. Selamat, Ayah,” kata kakakku dengan nada yang sangat santai. “Yah, jika aku seorang siswa sekolah dasar atau menengah, aku mungkin akan membuat sedikit keributan, tapi … aku berusia dua puluh bulan lalu. Aku sudah dewasa sekarang. Pada usia ini, aku tidak akan mengeluh soal ayahku menikah lagi,” katanya bercanda.

Kakakku lantas sedikit menurunkan nada suaranya dan melanjutkan: “Yah, Ayah telah membesarkan kami sendiri selama lebih dari sepuluh tahun sejak Ibu meninggal. Tidak mungkin aku bisa mengeluh sekarang tentang Ayah mendapatkan pacar baru. Dan kupikir bahkan Ibu di surga … mungkin akan tersenyum dan menyetujui ini.”

“Kaede ….”

“Bukankah itu benar, Kaoru? Kau merasakan hal yang sama, bukan?”

“Ya,” kataku dan mengangguk tegas. “Aku merasakan hal yang sama seperti Kaede. Aku tidak akan mengatakan apa-apa jika itu pilihanmu, Ayah.”

“Kaoru … t-terima kasih.” Menenangkan emosi, ayahku membungkuk kecil. “Oke, Ayah akan membawanya ke sini sekarang,” kata ayahku, tiba-tiba menjatuhkan bom.

“Apa? S-sekarang?” kata kakakku, terkejut, dan ayahku mengangguk padanya.

“Ya. Sebenarnya, aku menyuruhnya menunggu di mobil. Tunggu sebentar, aku akan pergi menjemputnya sekarang.” Begitu ayahku mengatakan itu, dia langsung keluar dari ruang tamu dan meninggalkan kami di sana. Yang bisa kami lakukan hanyalah tertegun.

“Sekarang? Itu cepat sekali.”

“Serius. Tapi aku senang ayah punya pacar,” kata kakakku tulus. “Sepertinya dia populer di kalangan pelanggan wanita kita yang lebih tua, tapi dia begitu … keras kepala dan kuno. Dia benar-benar tidak terlihat seperti punya pacar.”

“Yah, kurasa itu hanya berarti bahwa ayah datang ke acara itu. Toh dia masih berusia tiga puluh delapan tahun, jadi tidak aneh jika dia punya pacar.”

“Oh, hei, kau terdengar seperti orang yang tahu segalanya sekarang karena kau punya pacar,” kata kakakku sinis dan tersenyum. “Astaga, para pria di rumah ini sepertinya sedang panas-panasnya akhir-akhir ini. Ayah punya pacar, begitu juga kau.”

“… Diam.”

“Aku harus cepat-cepat dan mendapatkan pacar juga,” rengek kakakku sambil meletakkan tangannya di belakang kepalanya. Saat itu, ayahku kembali.

“M-maaf membuat kalian menunggu.” Ayahku memasuki ruang tamu terlebih dahulu, berbalik ke lorong, dan berkata, “Tolong, lewat sini,” saat dia memimpin orang yang saat ini dia kencani—orang yang mungkin akan menjadi ibu baruku. Aku meluruskan posturku, menunggu dengan gugup, dan tercengang ketika aku melihat wanita yang muncul.

Dia adalah wanita cantik dengan wajah lembut. Rambutnya yang panjang dan elegan diikat menjadi satu kucir kuda. Pakaiannya sederhana dan tidak terlalu terbuka, tapi dia memiliki tubuh menggairahkan yang tidak bisa disembunyikan. Kupikir dia terlihat cantik. Aku juga berpikir dia sangat mirip dengan wanita yang kucintai. Atau lebih tepatnya, dia adalah seseorang yang benar-benar kukenal dengan baik.

“S-senang bertemu dengan kalian. Namaku Orihara Kisaki,” kata wanita itu, Kisaki-san. Wanita yang dibawa ayahku ke rumah kami adalah Kisaki-san, kakak perempuan Orihara-san.

“Wah, dia sangat cantik. Ayah, bagaimana kau bisa menangkap orang seperti ini?”

“T-tenang, Kaede! Jangan kasar.” Ayahku marah pada ejekan kakakku tetapi tampak agak senang karenanya.

Kakakku menyikutku, dan dengan suara yang hanya bisa aku dengar, menggodaku dengan mengatakan, “Dia benar-benar mirip dengannya. Bahkan nama belakangnya pun sama. Bicara soal ‘ayah-anak sama saja.’”

Aku tidak bisa berkata apa-apa. Tak ada kata yang datang kepadaku, dan otakku berhenti bekerja. “Ayah-anak sama saja.” Itu seperti semacam lelucon buruk. Melihat ke belakang, mungkin ada beberapa bayangan. Pada saat aku bertemu Kisaki-san di stasiun, dia mengatakan bahwa dia punya kencan, tetapi pada hari yang sama ayahku berkata dia punya ‘urusan untuk dikerjakan’ ketika dia meninggalkan rumah. Juga, ada usia mereka. Kisaki-san berusia tiga puluh empat tahun, dan ayahku berusia tiga puluh delapan tahun. Tanpa ragu, dia sedikit lebih tua darinya ….

“Aku sudah berkencan dengan Shigeru-san untuk sementara waktu. Aku tahu itu tidak akan langsung terjadi, tapi jika aku bisa mengenal kalian berdua sedikit demi sedikit, aku akan—ya?” Wajah Kisaki-san membeku saat dia terus menyapa kami dengan ekspresi gugup di wajahnya. Tampaknya dia akhirnya memperhatikanku.

“… Apa? Apa?!” Ekspresi gugup dan cemas yang dia miliki dari bertemu anak-anak pacarnya untuk pertama kalinya langsung digantikan oleh ekspresi kaget dan bingung.

Aku tidak tahu apa yang harus dilakukan. Aku melampaui keterkejutan dan keputusasaan, dan kemudian melampaui keputusasaan hanya merasakan kekosongan. Apa yang harus kaulakukan salah untuk berakhir dalam situasi yang aneh dan gila seperti itu?

Aku Momota Kaoru, dan aku baru berusia enam belas tahun. Pacarku adalah seorang dewasa yang sebelas tahun sepuluh bulan lebih tua dariku, dan sekarang sepertinya kakak perempuannya akan menjadi ibu tiriku.

Post a Comment

0 Comments